Zahro, Fitriatuz (2019) Instagram Stories sebagai Media Presentasi Diri Remaja (Studi Deskriptif terhadap Selebgram Remaja Danis Danial, Devi Salaomah, dan Nur Rizka). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan mengenai instagram stories dalam pembentukan presentasi diri remaja melalui sosok seleb-gram remaja. Penelitian ini akan menjelaskan secara terperinci mengenai bentuk presentasi diri dari ketiga selebgram asal Jawa Timur, yaknni Danis Danial, Devi Salaomah dan Nur Rizka. Dilihat dari Instagram stories yang mereka unggah. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi. Data yang telah terkumpul melalui proses wawancara, hasil observasi dianalisis secara deskriptif secara detail. Analisis tersebut dilakukan dengan cara menggabungkan antara teori dan konsep dengan data temuan pada saat penelitian sesuai dengan fokus penelitian, sehingga nantinya dapat memberikan jawaban dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa motif dan strategi yang digunakan oleh selebgram remaja untuk mempresentasikan dirinya di instagram stories. Strategi dan motif yang digunakanpun bermacam-macam mulai dari membuat stories dengan penuh filter- filter menarik sampai dengan mengelompokkan beberapa storiesnya menjadi sebuah highlights
English Abstract
This study aims to determine and describe the instagram stories in shaping adolescent self-presentation through teenage celebrity figures. This research will explain in detail about the forms of self-presentation of the three celebrities from East Java, namely Danis Danial, Devi Salaomah and Nur Rizka. Judging from the Instagram stories they uploaded. The research method used is descriptive qualitative data collection techniques with interviews, observations. Data that has been collected through an interview process, the results of observation are analyzed descriptively in detail. The analysis is carried out by combining theory and concepts with the findings data at the time of the study in accordance with the focus of the study, so that later can provide answers from this research. The results of this study indicate that there are a number of motives and strategies used by teenagers to present themselves on Instagram stories. The strategies and motives used vary from creating stories with interesting filters to grouping several stories into highlights.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/848/051908266 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram stories, Selebgram remaja, presentasi diri, Instagram stories, teenager’s celebrity Instagram, self-presentation |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 14:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 14:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |