Daya Tarik Hard sell dan Soft sell dalam Webseries

Ramadhan, Dwi Yan Rizky (2019) Daya Tarik Hard sell dan Soft sell dalam Webseries. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memilih webseries sebagai objek penelitian karena merupakan media yang baru-baru ini sedang digunakan sebagai media alternatif beriklan. Selain itu, mulai tahun 2017 perkembangan penerapan webseries menjadi lebih lebar, yaitu dapat dijadikan sebagai penghibur, kampanye, dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik hard sell dan soft sell dalam salah satu webseries yang berjudul OPPO F5 Dashing Blue: Call Me AI. Metode yang digunakan untuk menganalisis daya tarik hard sell dan soft sell dalam webseries adalah analisis isi kuantitatif dengan instrumen penelitian coding book dan coding sheet yang menggunakan 3 koder, teknik penelitian ini bertujuan untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara objektif, sistematis, dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah webseries Call Me AI dari OPPO, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 66 potongan scene yang diduga terdapat kemunculan hard sell dan soft sell dari webseries Call Me AI. Adapun kategori yang digunakan dalam penelitian ini adalah hard sell dan soft sell appeals oleh Okazaki, Taylor, & Mueller (2010) yaitu thinking, explicitness, fact, feeling, implicitness dan image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 64 kemunculan daya tarik hard sell dan soft sell dalam webseries OPPO F5 Dashing Blue: Call Me AI. Berdasarkan indikator dari masing-masing kategori hard sell dan soft sell oleh Okazaki, Taylor, & Mueller (2009) pada variabel hard sell ditemukan 12 kemunculan thinking, 30 kemunculan explicitness dan 6 kemunculan fact .Lalu pada variabel soft sell ditemukan 3 kemunculan feeling, 8 kemunculan implicitness, dan 5 kemunculan image. Penelitian ini mampu mempermudah produser webseries untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam menciptakan konten pesan dalam webseries agar daya tarik tersebut berfungsi dengan maksimal saat memproduksi webseries selanjutnya.

English Abstract

This research chooses webseries as the object of research because it is a medium that is currently being used as an alternative media for advertising. In addition, starting in 2017 the development of the application of webseries has become wider, which can be used as entertainments, campaigns and promotions. The purpose of this study was to find out the appeal of hard sell and soft sell in one of the webseries entitled OPPO F5 Dashing Blue: Call Me AI. The method that researcher used to analyze hard sell and soft sell appeals in webseries is quantitative content analysis with coding book and coding sheet research instruments that uses 3 coders, this research technique aims to expose content that is stated objectively, systematically, and quantitatively. The population of this study is Call Me AI webseries from OPPO, while the sample in this study is 66 scenes that are suspected to have the indications of hard sell and soft sell from webseries entitled Call Me AI. The categories used in this study are hard sell and soft sell appeals by Okazaki, Taylor, & Mueller (2010), which are thinking, explicitness, fact, feeling, implicitness and image. The results showed that there were 64 occurrences of hard sell and soft sell appeals in the OPPO F5 webseries Dashing Blue: Call Me AI. Based on indicators from each hard sell and soft sell category by Okazaki, Taylor, & Mueller (2009) in hard sell variables found 12 occurrences of thinking, 30 occurrences of explicitness and 6 occurrences of fact. Then in soft sell variables found 3 occurrences of feeling, 8 emergence of implicitness, and 5 appearance of image. This research is able to facilitate webseries producers to find out what needs to be considered in creating message content in the webseries so that the appeals can function optimally when producing the next webseries.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/859/051908277
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Hard sell, Soft sell, dan Webseries. Content analysis, Hard sell, Soft sell, and Webseries.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2020 09:47
Last Modified: 15 Oct 2020 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174652
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item