Analisis Resepsi Tentang Selebriti Endorser Laki-Laki (Boyband Shinee) Dalam Iklan Kosmetik Riasan Thesaem Di Akun Youtube Thesaem Indonesia (Studi Iklan pada Viewer Perempuan Indonesia yang Merupakan Target Market theSAEM)

Kusumawardhani, Beata Tridewi (2019) Analisis Resepsi Tentang Selebriti Endorser Laki-Laki (Boyband Shinee) Dalam Iklan Kosmetik Riasan Thesaem Di Akun Youtube Thesaem Indonesia (Studi Iklan pada Viewer Perempuan Indonesia yang Merupakan Target Market theSAEM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerimaan dan pemaknaan khalayak Indonesia yang terbiasa menonton berbagai iklan baik iklan kosmetik maupun bukan yang didominasi endorser perempuan, terhadap iklan kosmetik Eco Spau BB Cushion theSAEM yang menggunakan endorser laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi encoding-decoding Stuart Hall, dengan jenis penelitian kualitatif. Data didapatkan melalui in-depth interview yang dilakukan kepada empat orang informan dengan kriteria yang sesuai dengan target pasar theSAEM, berusia sekitar 18-25 tahun yang lahir dan besar di Indonesia yang juga menonton berbagai tayangan iklan di media-media Indonesia. Hasil penelitian ini menghasilkan wacana dominan berupa sebuah ide baru bahwa kosmetika adalah produk yang bisa digunakan oleh laki-laki dan munculnya tipe laki-laki ‘baru’ yang tidak sesuai dengan konsep maskulin yang selama ini dipahami khalayak. Selanjutnya hasil decoding para informan menghasilkan berbagai makna yang beragam. Posisi pembacaan yang muncul terhadap iklan ini adalah dominant hegemonic dan negotiated. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep baru yang ditampilkan dalam iklan Eco Spau BB Cushion theSAEM tidak mendapat penolakan dari para informan. Penerimaan ini didasarkan pada pengalaman para informan dalam mengkonsumsi berbagai produk media dan produk Korea yang telah masuk ke Indonesia sejak 10 tahun yang lalu, selain media adalah alat yang powerful, waktu adalah juga hal yang bisa memberikan dampak yang signifikan.

English Abstract

This research was conducted to determine the acceptance and meaning of Indonesian audiences who are accustomed to watching various advertisements, both cosmetic advertisements and not those dominated by female endorsers, on the cosmetics advertisement of Eco Spau BB Cushion theSAEM which uses male endorsers. This study uses the reception analysis method encoding-decoding Stuart Hall, with a type of qualitative research. Data was obtained through in-depth interviews conducted to four informants with criteria that were in accordance with the market target of theSAEM, aged around 18-25 years who were born and raised in Indonesia who also watched various ad impressions in Indonesian media. The results of this study produce a dominant discourse in the form of a new idea that cosmetics are products that can be used by men and the emergence of a 'new' male type that is not in accordance with the masculine concept that has been understood by the public. Furthermore, the results of decoding the informants produced various diverse meanings. The position of the reading that appears on this advertisement is dominantly hegemonic and negotiated. The conclusion of this study is that the new concept presented in the Eco Spau advertisement of theSAEM BB Cushion did not receive rejection from the informants. This acceptance is based on the experience of informants in consuming various media products and Korean products that have been entering Indonesia since 10 years ago, besides media is a powerful tool, time is also something that can have a significant impact.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/876/051908294
Uncontrolled Keywords: Iklan, Endorser laki-laki, Kosmetik, Reception Analysis, Advertorial, Endorser laki-laki, Cosmetics, Reception Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2020 14:00
Last Modified: 11 Nov 2020 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174611
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item