Analisis Kinerja Aparatur Dan Strategi Kecamatan Kepanjen Dalam Mewujudkan Tujuan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Tahun 2019

Aristo, Mohammad Javier (2019) Analisis Kinerja Aparatur Dan Strategi Kecamatan Kepanjen Dalam Mewujudkan Tujuan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Tahun 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan merupakan sebuah instansi yang cukup dekat dengan masyarakat. Adapun tugas kecamatan dibagi menjadi 3 bidang yakni bidang koordinasi, fasilitasi dan Pelayanan Publik. Kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh Kecamatan dikenal sebagai Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparatur Kecamatan Kepanjen dan Faktor yang mempengaruhinya, serta untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh Kecamatan Kepanjen dalam mewujudkan PATEN. Dalam penelitian ini digunakan metode campuran (mixed methods ) yakni kuantitatif untuk mengetahui pengaruh faktor kinerja terhadap penilaian kinerja dan kualitatif untuk mengetahui strategi kecamatan kepanjen dalam mewujudkan tujuan PATEN. Konsep yang digunakan adalah konsep kinerja dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan Responden penelitian adalah 17 orang aparatur Kecamatan Kepanjen. Setelah diketahui hasil penilaian kerja, dilanjutkan dengan meneliti strategi yang digunakan dalam mewujudkan kualitas PATEN, yakni bagaimana Kecamatan Kepanjen mewujudkan dimensi kualitas pelayanan berupa Tangible, Responsiveness, Reliability, Empathy, dan Assurance. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah Ho diterima yakni terdapat pengaruh signifikan antara faktor kinerja dan penilaian kinerja. Selanjutnya dari basil data penilaian kerja telah dilakukan strategi untuk meningkatkan kualitas PATEN yakni Strategi Organisasi yang dilatar belakangi hasil dari indikator sistem, kerjasama, dan inovasi yang mana strategi tersebut berguna untuk meningkatkan dimensi Tangible, Realibility, dan Responsiveness. Sedangkan strategi kedua adalah Strategi Pemanfaatan Swnberdaya untuk meningkatkan dimensi Assurance dan Empathy yang hadir dari basil penilaian indikator pemahaman tugas pokok fungsi, kecepatan kerja dan keakuratan kerja

English Abstract

Sub-district is an institution that close enough with citizens. There are three assignments of Sub-district namely coordination, facilitation, and public services. Service activities that organizer by Sub-district are known as Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). This study aims to determine performance of apparatus and the factors that influence it, as well as tofind out what strategies are used by Kepanjen Sub-district in realizing the purpose of PATEN. This study is using mixed methods that is quantitative is used to determine the influenced of performance factors on performance appraisal and qualitative assessment to determine the strategies of Kepanjen Sub-district. Performance concept are used with simple regression linear analysis techniques with 17 apparatus as respondents. After finding out the result of performance appraisal, followed by examining the strategies are used by Keparif en Sub-district to embodies the dimensions of service quality in theform of Tangible, Reliability, Responsiveness, Empathy, and Assurance. The result of this study is that Ho is accepted, namely there is a siginificant influence between performance factors and performance appraisal. Furthermore, from the result ofperformace appraisal data, the strategies has been carried out to improve the qualities of Public Service namely Organizational Strategy based on the result of system, collaboration, and innovation indicators which strategies are used to improve the dimensions of Tangible, Reliability, and Responsiveness. While the second one is Utilize Resource Strategy to increase the dimensions of Assurance and Empathy, That strategy is present from the result of understanding of main task and functions, work speed, and work accurancy.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/835/051908253
Uncontrolled Keywords: Faktor Kinerja, Kinerja, Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik, Penilaian Kinerja, Performance Performance Factors,, Performance Assessment, Public Service, Public Service Quality
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2020 13:41
Last Modified: 10 Nov 2020 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174497
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item