Strategi Konvergensi Media dalam Distribusi Konten (Studi Kualitatif Deskriptif pada NET Biro Yogyakarta)

Arum, Febriana Fajar (2019) Strategi Konvergensi Media dalam Distribusi Konten (Studi Kualitatif Deskriptif pada NET Biro Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan meningkatnya akses digital telah mengancam eksistensi media konvensional, khususnya televisi. Media konvensional dituntut untuk menyertakan platform media sosial sebagai salah satu strategi digital mereka. Selain dapat memperluas usaha dengan mendapatkan segmen pasar baru, media sosial juga dinilai dapat meningkatkan aktivitas ekonomi. NET Biro Yogyakarta merupakan salah satu Biro dari televisi nasional NET yang menjalankan praktik konvergensi dalam strategi manajemen medianya. Plaform media sosial YouTube dan Instagram aktif digunakan untuk distribusi konten informasi berita yang sebelumnya telah tayang melalui siaran terestrial. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana distribusi konten pada platform media sosial dalam setrategi manajemen media di NET Biro Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menjelaskan adanya pola distribusi konten pada platform media sosial YouTube dan Instagram. Platform Instagram digunakan untuk mendistribusikan konten dengan durasi satu menit dan mayoritas merupakan konten yang memenuhi value proximity atau berita yang terjadi pada lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo Raya. Sedangkan YouTube digunakan untuk mendistribusikan konten dengan kelengkapan informasi cover both side dengan durasi yang lebih panjang daripada Instagram, serta tanpa cakupan lokasi tertentu. Selain itu, dalam menjalankan praktik konvergensi media, produser NET Biro Yogyakarta memiliki strategi khusus agar konten yang didistribusikan tersebut mendapatkan traffic viewer pada media sosial sesuai yang diharapkan. Strategi pada distribusi konten dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi yang dijalankan berupa pemilihan konten yang didasarkan pada cakupan wilayah, penyusunan rundown new media yang mempertimbangkan jenis berita, serta pemanfaatan beberapa fitur dalam media sosial terkait yang berpotensi untuk menaikan traffic viewer pada media sosial.

English Abstract

The development of digital technology and the increasing digital access have threatened the existence of conventional media, especially television. Conventional media are required to include social media platforms as one of their digital strategies. Apart from being able to expand their business by gaining new market segments, social media is also considered to increase economic activity. NET Biro Yogyakarta is one of the network television of NET which practices convergence in its media management strategy. The active YouTube and Instagram social media platforms are used for the distribution of news information content that has previously been broadcast through terrestrial. This research is a qualitative descriptive approach which aims to describe how content distribution on social media platforms in the media management strategy in the NET Biro Yogyakarta. The results of this study explain the pattern of content distribution on YouTube and Instagram social media platforms. The Instagram platform is used to distribute content with a duration of one minute and the majority is content that meets value proximity or news that occurs within the Special Region of Yogyakarta and Solo Raya. While YouTube is used to distribute content with complete information on cover both sides with a longer duration than Instagram, and without specific location. In addition, in carrying out the practice of media convergence, NET Biro Yogyakarta producers have a special strategy so that the distributed content gets the traffic viewers on social media as expected. The strategy on content distribution is divided into 3 stages; preparation, implementation and evaluation. The strategy implemented is in the form of content selection based on regional coverage, compilation of new media rundowns that consider the type of news, and utilization of several features in related social media that have the potential to raise traffic viewers on social media.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/812/051908230
Uncontrolled Keywords: NET TV, Konvergensi Media, Manajemen Media, Media Sosial, Distribusi Konten. NET TV, Media Convergence, Media Management, Social Media, Content Distribution.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2020 16:13
Last Modified: 26 Feb 2024 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174421
[thumbnail of Febriana Fajar Arum.pdf] Text
Febriana Fajar Arum.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item