Astuti, Nurlina (2019) Language Learning Strategies Used By High and Low Achievers in Speaking Class of English Language Education Study Program. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam belajar. strategi pembelajaran bahasa menjadi bagian penting untuk memperoleh kemahiran siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan wawancara. Kuesioner dan wawancara menggunakan teori dari Oxford (1990) dan data ukur dengan menggunakan angket penemuan strategi untuk belajar bahasa (SILL) yang kemudian diisi oleh siswa yang memiliki prestasi tinggi dan rendah sedangkan observasi menggunakan teori dari Light Brown & Spada (2001). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berprestasi tinggi dan rendah menggunakan strategi pembelajaran bahasa secara keseluruhan. Ini berarti bahwa siswa yang berprestasi tinggi dan rendah menggunakan enam jenis strategi pembelajaran bahasa dalam proses pembelajaran. Secara spesifik strategi sosial ditemukan sebagai strategi yang paling sering digunakan oleh siswa berprestasi tinggi, sedangkan strategi afektif adalah strategi yang paling sering digunakan oleh siswa berprestasi rendah. Selanjutnya, memori strategi adalah strategi yang paling sedikit digunakan oleh orang yang berprestasi tinggi dan rendah. Sementara, tantangan ketika siswa berprestasi tinggi menerapkan strategi pembelajaran bahasadalah ketika dia bekerja sama dengan orang lain dengan bekerja sama dengan teman sebaya. Selain itu, mereka yang berprestasi rendah menghadapi tantangan ketika dia menerapkan strategi pembelajaran bahasa yang terkait dengan kecemasannya. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyarankan agar guru Bahasa Inggris dapat membantu siswa untuk memahami lebih lanjut lagi tentang pentingnya strategi pembelajaran bahasa. Untuk siswa, penulis menyarankan agar mereka bisa menggunakan atau menggabungkan strategi belajar bahasa dengan strategi belajar bahasa yang lainnya untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi didalam kegiatan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya juga disarankan untuk membandingkan lebih banyak level siswa seperti siswa berprestasi tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek.
English Abstract
In learning process, language learning strategies become important part to obtain students proficiency. This study was conducted to investigate language learning strategies used by high and low achiever in speaking class of English Language Education Program. This study used qualitative approach and the research design was case study. The methods to collect the data were interview guide to the lectures who have taught Intensive Speaking class, observation, questionnaire and interview to the partcipiants. The questionnaire and interview used theory from Oxford (1990) and the result of questionnaire was assessed by using Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire completed by high and low achievers, while the observation used theory from Light Brown & Spada (2001). The result of this study indicated that high and low achievers used overall language learning strategies. That means high and low achievers used six types of language learning strategies in learning process. Specifically, social strategies were found as the most frequently used strategies by the high achiever, meanwhile, affective strategies were the most frequently used strategies by the low achiever. Furthermore, memory strategies were the least strategies used by both high and low achievers. While, the challenge when high achiever applied language learning strategies is when she cooperated with peers. In addition, low achiever faced the challenge when she applied language learning related with her anxiety. Based on the study, the writer suggested English teachers to help students to understand more about the importance of language learning strategies. For the students, the writer suggested they can use or combine language learning strategies with other language learning strategies to solve the problem in learning activity. For further researchers, the researcher also suggested to conduct the research to students with high, middle and low achievers as a subject.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/348/051908917 |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran bahasa, siswa berprestasi tinggi, siswa berprestasi rendah, kuesioner SILL-language learning strategies, high achiever, low achiever, strategy inventory for language learning (sill) questionnaire. |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 08:50 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174289 |
Text
Nurlina Astuti.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |