Pengaruh Platform E-Commerce Pertanian sebagai Media Transaksi Online Produk Sayuran dan Buah Segar terhadap Keputusan Pembelian

Indriani, Eka (2019) Pengaruh Platform E-Commerce Pertanian sebagai Media Transaksi Online Produk Sayuran dan Buah Segar terhadap Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commerce merupakan media pemasaran yang menggunakan website untuk bertransaksi atau memfasilitasi suatu penjualan produk secara online (Kotler, 2016). Kebutuhan e-commerce juga dilandasi faktor gaya hidup masyarakat modern. Karakteristik produk pertanian yang mudah rusak merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Pengiriman yang dilakukan harus cepat agar produk yang diterima oleh konsumen benar-benar dalam keadaan baik. Selain itu, dengan karakteristik produk pertanian yang mudah rusak seringkali menyebabkan masyarakat kurang yakin untuk membeli secara online. Permasalahan ini penting untuk diselesaikan agar konsumen dapat percaya dengan platform e-commerce pertanian. Jika masyarakat tidak percaya dengan adanya platform e-commerce pertanian, maka eksistensinya akan turun dan tidak dapat beroperasi dengan baik karena minimnya jumlah permintaan konsumen, yang nantinya juga akan berdampak buruk pada petani supplier platform. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan platform e-commerce “X” dari segi fitur platform, proses pendaftaran dan proses pembelian, dan strategi pemasaran yang dilakukan, 2) Mendeskripsikan komunikasi pemasaran yang disampaikan melalui platforme-commerce“X”, 3) Menganalisa pengaruh komunikasi pemasaran dalam platforme-commerce terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian eksplanatory. Penelitian ini dilakukan pada platform e-commerce “X”. Lokasi pemilihan “X” ditentukan secara sengaja (purposive). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara insidental. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan anilisis SEM-PLS. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat diketahui bahwa variabel content, communication dan commerce merupakan stimulus pada platform e-commerce “X” yang berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sebagai respon, sedangkan variabel context tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel content adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian. Indikator dari variabel content yang meliputi penggunaan bahasa dan gambar produk merupakan stimulus yang memiliki pengaruh paling besar diantara stimulus yang lainnya dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk sayuran dan buah segar pada platform e-commerce “X”.

English Abstract

E-commerce is a marketing medium that uses a website to transact or facilitate an online product sale (Kotler, 2016). E-commerce needs are also based on lifestyle factors of modern society. The characteristics of agricultural products is perishable an important factor that must be considered. Delivery must be done quickly so that the product received by consumers in good condition. In addition, the characteristics of perishable agricultural products often make people less convinced to buy online. This problem is important to be resolved that consumers can trust the agricultural e-commerce platform. If the community does not believe in the existence of an agricultural e-commerce platform, then its existence will decline and cannot operate properly to the minimal number of consumer demand, which will also adversely affect the supplier platform farmers. The purposes of research to: 1) Describe the "X" e-commerce platform in terms of platform features, the registration process and the purchasing process, and the marketing strategy, 2) Describe the marketing communication on "X" e-commerce platform, 3) Analyze the influence of marketing communication in e-commerce platforms on consumer purchasing decisions. This research with a quantitative approach is a explanatory research. This research was conducted on the e-commerce platform "X". The "X" selection location is determined intentionally (purposive). The sampling technique used in this study is Non-probability sampling with the incidentally sampling technique. Data analysis techniques used in this study were descriptive statistics and SEM-PLS analysis. Based on the results of the discussion that has been presented, it can be seen that the content, communication and commerce variables are a stimulus on the e-commerce platform "X" which significantly influences the purchase decision variable as a response, while the context variable does not affect the purchasing decision. Content variable is the variable that most influences on purchasing decisions. Indicators of content variables that include the use of language and product images are the stimulus that has the most influence among other stimuli in influencing the purchase decision of fresh vegetable and fruit products on the e-commerce platform "X”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/786/051908332
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:04
Last Modified: 18 Aug 2020 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174184
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item