Pengaruh Atribut Produk dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Sayuran di Istana Sayur Malang

Sari, Dewi Anggie Nita (2019) Pengaruh Atribut Produk dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Sayuran di Istana Sayur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut produk merupakan segala sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut, seperti merek, desain, warna, harga, kualitas dan sebagainya. Atribut dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi konsumen dalam melakukan pembelian karena atribut adalah jantung dari sebuah produk yang dapat mencerminkan kegunaan sekaligus penampilan produk. Selain produk, kualitas pelayanan merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis yang langsung bersentuhan dengan konsumen. Pada dasarnya semua orang ingin diperlakukan dengan baik, terlebih konsumen yang membayarkan nilai tertentu terhadap perusahaan ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik pula. Penelitian ini berguna untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan service quality terhadap keputusan pembelian dan mengetahui faktor yang paling dominan diantara atribut produk dan service quality dalam mempengaruh keputusan pembelian Penelitian dilakukan di Kota Malang pada bulan April hingga Mei 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan dari kuesioner. Responden pada penelitian ini berjumlah 60 orang dengan kriteria pernah membeli sayuran di Istana Sayur minimal satu kali. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan WARPPLS 6.0. Berdasarkan hasil penelitian, variabel atribut produk dan service quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran di Istana Sayur. Hasil analisis statistik memperoleh nilai koefisien jalur variabel atribut produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,488. Nilai koefisien jalur variabel service quality terhadap keputusan pembelian sebesar 0,389 yang berarti terdapat pengaruh atribut produk dan service quality secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ialah atribut produk. Hal ini dikarenakan konsumen lebih mempertimbangkan produk yang akan mereka dapatkan dibandingkan pelayanan. Kondisi ini dapat berbeda apabila produk tidak dapat dengan mudah dibedakan secara fisik, maka konsumen akan mulai mempertimbangkan service quality. Saran dalam penelitian ini adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan variabel atribut produk khususnya kesegaran sayuran,. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel lain karena pada penelitian ini variabel atribut produk dan service quality mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 54,8%, sedangkan sisanya sebesar 45,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar model pada tingkat kesalahan 5%.

English Abstract

Product attributes are everything that attaches and accompanies the product, such as brand, design, color, price, quality and so on. Attributes can be used as a special attraction for consumers in making purchases because attributes are the core of a product that can reflect the use and appearance of the product. Besides the products, service quality is one of the important things in a business that directly in contact with consumers. Basically, people want to be treated well, especially consumers who pay a certain value to the company want to get a good shopping experience. This study is useful to determine the effect of product attributes and service quality on purchase decisions and find out the most dominant factors among product attributes and service quality in influencing purchase decision The study was conducted in Malang from April to May 2019. The data used in this study were primary data obtained from the questionnaire. Respondents in this study amounted to 60 people with the criteria of ever buying vegetables in Istana Sayur at least once. The data that has been obtained then processed using WARPPLS 6.0. Based on the results, product attribute and service quality influence the vegetable purchase decisions at Istana Sayur. The results of the statistical analysis obtained the path coefficient value of product attribute variable to the purchase decision is 0.488. Service quality variable path coefficient value to purchase decisions is 0.389 which means there was a positive and significant effects of product attributes and service quality on vegetable purchase decisions. The most dominant variable that influence purchase decisions is product attributes. this can be due consumers consider about the product that they got, more than they consider about the service. This condition could be different if the product cannot be easily distinguished physically, then consumers will begin to consider the service quality. Suggestions for this study are to maintain and improve product attribute variables, especially the freshness of vegetables. Suggestions for further research to add other variables because in this study, product attribute variables and service quality are able to explain the purchase decision variable of 54.8%, while the remaining 45.2% is explained by other variables outside the model at an error rate of 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/607/051907381
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:03
Last Modified: 24 Jan 2023 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173804
[thumbnail of Dewi Anggre Nita Sari.pdf] Text
Dewi Anggre Nita Sari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item