Prasetyo, Muhammad Iqbal (2019) Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Produk Cokelat Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena keputusan konsumen memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam menentukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Beberapa hal dapat membuat suatu produk tetap bertahan dan bersaing selama bertahun-tahun di pasar, salah satunya adalah brand image (citra merek) yang positif dari suatu produk. Brand merupakan salah satu asset bagi perusahaan, karena brand menyebabkan suatu dampak terhadap persepsi konsumen dan memengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Citra merek yang positif dapat menimbulkan kesan yang positif terhadap produk dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. (2) Menganalisis pengaruh variabel strength, uniqueness dan favorable terhadap keputusan pembelian. (3) Menganalisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabelvariabel citra merek yaitu strength, uniqueness dan favorable terhadap keputusan pembelian adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli cokelat selama kurun waktu 6 bulan terakhir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden dengan metode penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil dari penelitian antara lain: (1) citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 74,137 memiliki nilai yang lebih besar dari F tabel = 3,11 pada taraf signifikansi 0,05. (2) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel strength, uniqueness dan favorable secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian model regresi untuk masing-masing variabel menunjukkan nilai t hitung variabel (strength = 5,042), (uniqueness = 2,177) dan (favorable = 2,668) memiliki nilai yang lebih besar dari t tabel = 1,99 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel strength, uniqueness dan favorable berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk cokelat. (3) atribut produk cokelat yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk cokelat adalah harga, kualitas, daya tahan, variasi produk dan nama merek. Sedangkan atribut yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah atribut pelayanan dan kemasan produk
English Abstract
Consumer behavior is a very important thing to consider, because consumer decisions have a very strong influence in determining purchasing decisions for a product. Some things can make a product survive and compete for years in the market, one of which is a positive brand image of a product. Brand is an asset for a company, because a brand causes an impact on consumer perceptions and affects consumers to buying a product. Positive brand image can create a positive impression on product and company. This research aim to : (1) Analyzing the influence of brand image on consumer purchasing decision (2) Analyzing the influence of strength, uniqueness and favorable variables on consumer purchasing decision. (3) Analyzing the influence of product attribute in affects consumer purchasing decisions to buying chocholate products. The Analytical method used to measure the influence of brand image variables, namely strength, uniqueness and favorable on purchasing decisions is multiple linear regression analysis. The population in this research were consumer who had bought chocolate product for the past 6 months. The sample in this research were 82 respondents with the method of determining sample using accidental sampling. The Results of research include : (1) brand image has significant effect on consumer purchasing decision. The result of testing the regrrssion model for all variables indicate the value of Fcount = 74,137 > Ftable = 3,11 at significance level of 0,05 (2) There are significant effect variables strength, uniqueness and favorable partially on consumer purchasing decisions. (2) there are significant effect of the variable strength, uniqueness and favorable partially on purchasing decisions. The result testing regression model for each variable indicate the value of tcount variable (strength = 5,042), (uniqueness = 2,177) dan (favorable = 2,668) > ttable = 1,99 at significance level of 0,05. Based on the results of test, it can be conclude that the variables, namely strength, uniqueness and favorable have significant effect partially on consumer purchasing decision. (3) chocolate produt attributes that have significant effect in purchasing decisions for chocolate products are price, quality, durability, variety of products and brand name. While attributes that don’t have significant effect on consumer purchasing decision are the service and product packaging attributes.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/704/051907478 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:49 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 06:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173737 |
Actions (login required)
View Item |