Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Pada 8 Oz Coffee Studio

Wildalini, Nadhira (2019) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Pada 8 Oz Coffee Studio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi dan informasi saat ini telah berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan dari teknologi dan informasi dapat mempengaruhi perkembangan strategi pemasaran produk oleh suatu perusahaan. Era informasi yang semakin berkembang membuat konsumen lebih cerdas karena konsumen dapat mencari informasi yang luas mengenai suatu produk. Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dapat mempengaruhi peningkatan pola konsumsi masyarakat untuk mendapatkan pengakuan dari pihak lain. Masyarakat cenderung membagikan pengalamannya untuk mencari pengakuan tersebut. Melalui akun yang dimilikinya, seorang konsumen akan bebas membagikan pengalaman pribadinya mengenai pengalaman yang baik maupun pengalaman yang buruk terkait dengan suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Bentuk pertukaran informasi dan pengetahuan secara online pada suatu platform publik dikenal sebagai Electronic word of mouth (e-WOM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel e-WOM trust terhadap minat beli konsumen 8 OZ Coffee Studio secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini dilakukan pada 8 OZ Coffee Studio, Kota Malang pada bulan Maret hingga April 2019. Penelitian mengenai pengaruh e-WOM terhadap minat beli konsumen ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk menentukan responden. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 60 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu Regresi Linear Berganda, agar dapat mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dan simultan Data yang digunakan adalah data primer dengan cara membagikan kuesioner kepada responden.. Uji Asumsi Klasik dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan Uji Regresi Linier Berganda. Uji Asumsi Klasik yang dilakukan, yaitu Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Multikolinieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel e-WOM trust terhadap minat beli sebesar 42,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian ni. Terdapat empat variabel bebas yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada uji T, yaitu Honest, Usefulness, Benevolence, dan Willingness to rely on. Pada uji F, variabel e-WOM trust berpengaruh signifikan secara simultan.

English Abstract

Technology and information nowadays have developed rapidly following the times. the development of technology and information can influence the development of a company's product marketing strategy. The growing information age makes consumers smarter because consumers can find broad information about a product. Present way of life of the Indonesian peoples cusing the increation in the consumption behaviour of people to get recognition from other parties. Communities tend to share their experiences to seek such recognition. Through their account, a consumer will be free to share their personal experience regarding good experiences and bad experiences related to a product or service from a company. The online form of information and knowledge exchange on a public platform as known as Electronic Word of Mouth (e-WOM). The purpose of this study is to analyze the effect of e-WOM trust variables on the partial buying interest of 8 OZ Coffee Studio. And simultaneously. The object of this research is 8 OZ Coffee Studio, located in Malang City and was done from March until April 2019. This research about the influence of e-WOM towards consumer purchase intention using a quantitative research approach and using Purposive Sampling techniques to determine respondents. The sample used was 60 respondents. The analytical tool used was Multiple Linear Regression, in order to know the effect of independent variables on the dependent variable partially and simultaneously. The data used are primary data by distributing questionnaires to respondents. Classical Assumption Test was done first before carrying out the Multiple Linear Regression Test. Classical Assumption Tests carried out are Normality Test, Heteroscedasticity Test and Multicollinearity Test. Results of this study shown that there was an influence from the e-WOM trust variable on purchase intention amounting to 42.6% and the rest was influenced by other factors outside this research model. There are four independent variables that do not significantly influence purchase intention in the T test, namely Honest, Usefulness, Benevolence, and Willingness to rely on. In the F test, the e-WOM trust variables has a significant effect simultaneously.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/209/051906952
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:03
Last Modified: 22 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173577
[thumbnail of NADHIRA WILDALINI (2).pdf]
Preview
Text
NADHIRA WILDALINI (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item