Maharani, Ragilya (2019) Perubahan Kekuatan Tanah Lunak Akibat Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Pola Segiempat dengan Variasi Panjang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan pembangunan insfrastruktur di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Dapat di lihat dari banyaknya proyek pembangunan insfrastruktur di segala bidang termasuk bidang pembangunan yang dibangun oleh pemerintah, swasta dan lain-lain. Salah satu pembangunan insfrastruktur di Jawa Timur yang lagi dilaksanakan adalah pembangunan ruas tol Surabaya-Batu yang menghubungkan antara Gempol dengan kota Pasuruan tepatnya di desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Karakteristik tanah pada jalan Tol Gempol – Pasuruan memiliki sifat struktur yang konsistensi tanah yang tidak stabil, disebabkan oleh kandungan air tanah yang berlebih dan dapat berpotensi mengalami penurunan akibat konsolidasi. Kemudian untuk penanganan permasalahan tersebut diperlukannya perbaikan tanah. Salah satu metode yang akan dilakukan dipenelitian ini adalah menggunakan perbaikan tanah dengan cara Prefabricated Vertical Drain (PVD) dengan pola segiempat untuk mengetahui kekuatan tanah dan variasi Panjang PVD pada jalan tol Gempol-Pasuruan. Studi sebelumnya yakni saudari Lilabsari, Zahra Febrina melakukan penelitian tentang perencanaan evaluasi kinerja perbaikan tanah lunak menggunakan instrument geoteknik pada pembangunan kawasan kota summarecon bandung area cluster Amanda dan btari dengan penggunaan preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Pada penelitian ini akan membahas tentang bagaimana karakteristik tanah lunak di daerah Jalan Tol Gempol – Pasuruan berdasarkan sifat fisik dan mekaniknya, bagaimana pengaruh dari penggunaan PVD pola segiempat dengan variasi Panjang yang telah ditentukkan terhadap konsolidasi tanah, dan berapa besar perubahan kekuatan tanah yang telah terjadi akibat adanya pemasangan PVD pola segiempat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini ialah karakteristik tanah yang berada di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan dapat dilihat, dari data pengujian SPT yang dilakukan oleh pihak PT. Adhi Karya, didapatkan hasil adalah tanah didaerah tersebut termasuk dalam jenis tanah lunak dengan tebal lapisan 15,5 m. Dapat ditinjau dari pengujian N-SPT, kadar air, density, konsolidasi dan vane shear. Lalu kemudian melakukan pengujian konsolidasi penambahan beban secara bertahap (setiap tahap sama) dari variasi panjang sampel yang berbeda- beda dapat menaikkan harga koefisien kompresi yang akan menyebabkan besarnya kenaikan penurunan konsolidasi. Dimana terdapat kenaikan terbesar 148,9583% dengan panjang PVD 20 cm. Dan didapatkan hasil dari pengujian vane shear dapat dilihat besar kekuatan tanah terhadap pemasangan PVD pola segiempat semakin besar panjang PVD kuat geser yang diberikan maka semakin besar kuat geser tanah yang dihasilkan. Dimana terdapat kenaikan kuat geser terbesar 314,5679% dengan panjang PVD 20 cm.
English Abstract
The development of infrastructure development in Indonesia is currently developing very rapidly. It can be seen from the many infrastructure development projects in all fields including the fields of development built by the government, the private sector and others. One of the infrastructure developments in East Java that is being implemented is the construction of the Surabaya-Batu toll road linking Gempol with the city of Pasuruan precisely in the village of Kedawung Kulon, Grati District, Pasuruan Regency, East Java. Soil characteristics on the Gempol - Pasuruan Toll Road have structural properties with unstable soil consistency, caused by excessive groundwater content and can potentially decrease due to consolidation. Then to deal with these problems the need for land improvement is needed. One method that will be carried out in this study is to use soil repairs by means of Prefabricated Vertical Drain (PVD) with a quadrilateral pattern to determine the strength of the soil and variations in the Length of PVD on the Gempol-Pasuruan toll road. Previous studies, namely Lilabsari sister, Zahra Febrina conducted a study on planning performance evaluation of soft soil improvement using geotechnical instruments on the construction of the city area of Summarecon Bandung, Amanda cluster area and btari with the use of preloading and Prefabricated Vertical Drain (PVD). In this study, we will discuss the characteristics of soft soil in the Gempol - Pasuruan Toll Road area based on physical and mechanical properties, how the effect of the use of quadrilateral PVD patterns with Long variations has been determined on land consolidation, and how much land strength changes have occurred due to the installation of rectangular PVD patterns. The results obtained from this study are the characteristics of the land in Grati District, Pasuruan Regency can be seen, from the SPT testing data conducted by the PT. Adhi Karya, obtained results is that the land in the area is included in the type of soft soil with a layer thickness of 15.5 m. Can be reviewed from N-SPT testing, water content, density, consolidation and vane shear. Then, then carrying out a consolidated testing of incremental loads (each step at the same time) from different variations in sample length can increase the price of the compression coefficient which will cause a large increase in the decrease in consolidation. Where there is the largest increase of 148.9583% with a length of PVD of 20 cm. And the results obtained from the vane shear test can be seen the magnitude of the soil strength on the rectangular PVD pattern installation the greater the PVD length of the shear strength given, the greater the shear strength of the soil produced. Where there is an increase in the largest shear strength of 314.5679% with a length of PVD of 20 cm.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/67/051904578 |
Uncontrolled Keywords: | Tanah Lunak, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Konsolidasi, Vane Shear, Kuat Geser, Soft Soil, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Consolidation, Vane Shear, Shear Strength |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.15 Foundation engineering and engineering geology > 624.151 Engineering geology > 624.151 3 Rock and soil mechanics > 624.151 36 Soil mechanics > 624.151 363 Soil stabilization |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 06:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173444 |
Actions (login required)
View Item |