Sarasetyo, Mahfudhi Imanuddin (2017) Pengontrolan Suhu Mesin Mobil Dengan Menggunakan Kotroler PID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu masalah yang sering ditemui pada mobil adalah Overheat atau panas berlebih, terutama pada mobil yang sudah berumur. Gejala ini sering dialami Karena sitem pendinginan yang kurang maksimal. Sistem pendigin sendiri dibagi menjadi 2 yaitu sistem pendingin air (Water Cooling System) dan sistem pendingin udara (Air Cooling System). Water Cooling System menggunakan air sebagai media pendingin sedangkan Air Cooling System menggunakan udara sebagai media pendinginnya. Water Cooling System telah diaplikasikan pada semua mobil baik produksi lama maupun baru. Sedangkan mobil produksi tahun lama kebanyakan tidak dilengkapi dengan Air Cooling System. Untuk menjaga suhu kerja mesin mobil tetap pada suhu optimal pada berbagai macam kondisi maka diperlukan Air Cooling System. Air Cooling System ini berupa pemasangan Electric Fan, Electric Fan ini akan mengalirkan udara ke radiator mesin mobil guna menjaga suhu optimal mesin pada kisaran 86°C. Penggunaan electric fan ini akan dipadu dengan kontroler PID metode Ziegler- Nichols agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menggunakan kontroler PID, sistem akan menghasilkan error steady state yang kecil dan akan mendapatkan settling time yang cepat. Proses perancangan kontroler PID dengan menggunakan metode Ziegler-Nichols didapatkan parameter PID dengan nilai parameter Kp = 0.51, Ki = 0.002, dan Kd = 24.99. Dari hasil pengujian kontroler PID didapatkan settling time sebesar 520 detik dan recovery time sebesar 118 detik.
English Abstract
One of the problems that frequently found from old car was overheat or too much heat, this symptom frequently happens because some problems with the cooling system was not on the best performance. Cooling system it divided into two system which is Air Cooling System and Water Cooling System. Water cooling system uses water as a media to cooling down and Air Cooling System use air as a media to cooling down. Water cooling system has been applied to both old and new cars. But almost every old car did not equip with Air Cooling System. To keeping the working temperature of the car in any situation it need combination between Water Cooling System and Air Cooling System. Air Cooling System is consisting of Electric Fan installation. Electric Fan will deliver air to the car radiator in purpose of keeping working temperature from the engine which is between 86°C. The electrical fan will using PID’s controller, the system will gain small error steady state and get the fastest settling time. Design process that using the PID’s controller with Ziegler-Nichols method obtained the PID’s parameter such Kp = 0.51, Ki = 0.002, and Kd = 24.99. According to the result of the PID’s controller experiments, 520 seconds are the settling time and 118 seconds are the recovery time.combine with PID Controller and Ziegler – Nichols Method
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2017/631/051707224 |
Uncontrolled Keywords: | Air Cooling System, Electric Fan, PID, Ziegler Nichols I |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.31 Generations, modification, storage, transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 01:16 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1734 |
Text
SKRIPSI FIX.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |