Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pembelian Makanan Secara Online dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB)

Pratiwi, Surya Handy (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pembelian Makanan Secara Online dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi internet, telah menjadikan usaha pada saat ini dapat melampaui batasan waktu dan geografis. Indonesia termasuk satu negara yang mengalami peningkatan pesat dalam penggunaan internet. Perkembangan bisnis online di Indonesia selain cukup pesat juga sangat menjanjikan, hampir semua sektor bisnis saat ini telah menggunakan internet sebagai media transaksi. Dengan semakin banyaknya dan semakin mudahnya fasilitas internet, belanja online menjadi tren baru yang terasa lebih sederhana, efisien dan cepat tanpa adanya hambatan bisnis yang berarti. Melihat keberhasilan internet sebagai sarana pemasaran yang strategis membuat para pengusaha menggunakan internet sebagai salah satu sarana pemasaran, termasuk didalamnya para pengusaha makanan. Perusahaan makanan secara terus-menerus dapat menjual makanan kepada konsumen secara online. Berbagai macam makanan akan mudah didapatkan konsumen melalui jual beli online. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan responden mahasiswa yang masih aktif kuliah, penelitian dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang akan dianalisis menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengeruhi niat perilaku pembelian makanan online dengan pendekatan Theory of Planned Behaviror (TPB). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat perilaku pembelian makanan secara online. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat perilaku pembelian makanan online.

English Abstract

This time internet has made business able to surpass time and geographical boundaries. Indonesia is one country that has experienced a rapid increase in internet usage. The development of online business in Indonesia, besides being quite fast, is also very promising, almost all business sectors today have used the internet as a media transaction. With the increasing number and ease of internet facilities, online shopping is becoming a new trend that feels simpler, more efficient and faster without significant business obstacles. Seeing the success of the internet as a strategic marketing tool makes entrepreneurs use the internet as a marketing tool, including food entrepreneurs. Food companies can continuously sell food to consumers online. Various kinds of food will be easily obtained by consumers through buying and selling online. This research was conducted at the Faculty of Agriculture, University of Brawijaya Malang with student respondents who were still active in college, the study was conducted from April to May. The data used in this study are primary data to be analyzed using SEM-PLS to determine the factors that influence online food purchase behavioral intentions with the Theory of Planned Behavior (TPB) approach. The purpose of this study was to determine the effect of attitudes, subjective norms, and perceptions of behavioral control on food purchase behavior intentions online. The results of the analysis in this study indicate that there is a significant effect of attitudes, subjective norms, and perceptions of behavioral control on online food purchase behavioral intentions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/462/051907236
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:41
Last Modified: 25 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173249
[thumbnail of Surya Handy Pratiwi.pdf] Text
Surya Handy Pratiwi.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item