Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Frekuensi Pembelian Produk Pia Cap Mangkok Di Kota Malang, Jawa Timur

Amla, Zahrotul (2019) Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Frekuensi Pembelian Produk Pia Cap Mangkok Di Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merek memiliki peranan yang sangat penting dalam strategi pemasaran, merek bukan hanya dianggap sebagai sebuah nama, logo atau simbol. Lebih dari itu, merek merupakan nilai yang ditawarkan sebuah produk bagi konsumen yang memakainya. Brand image sangat penting diperhatikan oleh perusahaan, brand image yang baik dapat menimbulkan nilai emosional pada diri konsumen, dimana akan timbul perasaan positif pada saat membeli atau menggunakan merek tertentu. Begitu pula sebaliknya, apabila suatu merek memiliki citra yang buruk di mata konsumen, kecil kemungkinan konsumen untuk membeli produk tersebut (Fitri, 2007). Berdasarkan uraian diatas, brand image merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh agroindustri Pia Cap Mangkok dalam memasarkan produknya, sehingga konsumen dapat loyal terhadap produk tersebut. Pia Cap Mangkok merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas kota Malang. Munculnya berbagai macam oleh-oleh khas kota Malang menyebabkan persaingan diantara sesama agroindustri. Pia Cap Mangkok merupakan salah satu yang mempelopori oleh-oleh khas kota Malang. Lokasi dari agroindustri Pia Cap Mangkok ini di Jl. Semeru no. 25 Malang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan produk Pia Cap Mangkok. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk Pia Cap Mangkok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan pia cap mangkok. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap frekuensi pembelian produk pia cap mangkok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap frekuensi pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing faktor tersebut yang kurang dari 0,05. Nilai koefisien regresi faktor citra perusahaan sebesar 0,152, sedangkan variabel citra pemakai memiliki koefisien sebesar 0,340, dan citra produk memiliki koefisien sebesar 0,580. Hal ini dapat diartikan, bahwa apabila citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk ditingkatkan, maka loyalitas pelanggan dapat meningkat sebesar angka koefisien regresi yang disumbangkan oleh masing-masing faktor tersebut. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa citra produk adalah variabel yang paling dominan.

English Abstract

Brands have a very important role in marketing strategies, brands are not only considered as names, logos or symbols. More than that, the brand is the value offered by a product for consumers who use it. Brand image is very important to be considered by the company, brand image that can attract emotional value to consumers, which will lead to positive feelings when buying or using a particular brand. Conversely, too, opposing a brand that has a bad image in the eyes of consumers, the smaller ones that consumers like to buy these products (Fitri, 2007). Based on the description above, brand image is an important thing to consider by Pia Cap Mangkok agroindustry in marketing its products, so that consumers can be loyal to the product. Pia Cap Mangkok is one of the unique food souvenirs of the city of Malang. The emergence of various kinds of souvenirs typical of the city of Malang caused competition among fellow agro-industries. Pia Cap Mangkok is one that pioneered souvenirs typical of Malang. The location of the Pia Cap Mangkok agroindustry is at Jl. Semeru no. 25 Malang. Therefore, the aim of the study was to analyze the influence of part brand components partially and simultaneously on the loyalty of customers of Pia Cap Mangkok products. Next, analyze the magnitude of the influence of each component of brand image on the loyalty of customers of Pia Cap Mangkok products. This research uses descriptive analysis method and quantitative analysis with multiple linear regression. This study aims to analyze the influence of components of the brand image partially and simultaneously on customer loyalty in stamp bowls. Furthermore, analyzing the magnitude of the influence of each component of brand image on the frequency of purchasing bowl stamp products. This research uses descriptive analysis method and quantitative analysis with multiple linear regression. The results showed that corporate image factors, user image, and product image had a partial and simultaneous influence on the frequency of purchases. This is indicated by the significance value of each of these factors which is less than 0.05. The regression coefficient of corporate image factor is 0.152, while the user image variable has a coefficient of 0.340, and the product image has a coefficient of 0.580. This can be interpreted, that if the company's image, user image, and product image are improved, then customer loyalty can increase by the regression coefficient number contributed by each of these factors. In this study it can be concluded that the product image is the most dominant variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/495/051907269
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Frekuensi pembelian-Brand image, customer loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:40
Last Modified: 10 Aug 2020 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173116
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item