Tingkat Kesadaran Konsumen Terhadap Label Halal Dalam Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Di Kota Malang.

Fitria, Heni Nur (2019) Tingkat Kesadaran Konsumen Terhadap Label Halal Dalam Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak, dalam laporan Pew Research (2015), mencatat pada 2010 Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di Dunia. Masyarakat yang beragama muslim wajib hukumnya untuk mengonsumsi makanan halal. Hal ini merupakan suatu ibadah dan dapat mendatangkan pahala karena merupakan perintah dari Allah SWT. Namun sayangnya, saat ini masyarakat kurang sadar atau peduli terhadap produk yang ia konsumsi, dimana dalam suatu supermarket penataan nya terkadang tercampur antara produk berlabel halal dan tidak. Faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk membeli dan mengonsumsi produk halal, salah satunya dipicu oleh cara pandang mereka terhadap halal itu sendiri, halal dilihat hanya sekadar wajib, bukan sebagai kebutuhan (Zuraya, 2016). Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh Kesadaran Label Halal, Persepsi Konsumen, Kepercayaan Agama terhadap minat beli dan keputusan pembelian produk makanan dan minuman halal. Lokasi penelitian dilakukan di berbagai macam Supermarket di Kota Malang, Jawa Timur. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive. Lokasi dipilih dengan pertimbangan bahwa kota Malang merupakan kota wisata dimana banyak pendatang dan mahasiswa yang menuntut ilmu dikota Malang ini. Analisis yang digunakan dalam pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan jumlah 102 sampel. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kesadaran Halal tidak berpengaruh terhadap Minat Beli. Hal ini terjadi sesuai yang terjadi di lapang, responden banyak yang kurang memperhatikan label halal dalam kemasan makanan dan minuman yang akan dibeli. Persepsi Halal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Makanan dan Minuman Halal dalam kemasan. Hampir seluruh reponden membeli makanan dan minuman halal dalam kemasan karena merasa sudah percaya terhadap suatu merek. Kepercayaan Agama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Makanan dan Minuman Halal dalam kemasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin positif Kepercayaan Agama konsumen maka semakin besar pula Minat Beli konsumen terhadap produk makanan dan minuman halal dalam kemasan. Minat Beli memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman Halal dalam kemasan. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya produsen makanan dan minuman dalam kemasan menempatkan label halal di tempat tempat yang sekiranya mudah dilihat oleh konsumen pada saat mengambil produk yang akan dibeli. Seperti menempatkan label halal di depan kemasan. Sehingga pada saat konsumen membeli produk tersebut sudah terlihat adanya label halal tanpa harus mencari lebih detail. Konsumen dapat menimbulkan persepsi atau kepercayaan terhadap suatu produk saat melihat produk tersebut, dimana faktor yang mempengaruhi persepsi salah satunya adalah brand image dari perusahaan brand image yang baik mengenai perusahaan dapat dibangun melalui iklan-iklan yang disampaikan dapat dibangun pula dengan informasi dari kerabat yang menceritakan kualitas produk yang akan dibeli oleh konsumen tersebut. Sebaiknya untuk meningkatkan kesadaran terhadap pembelian produk makanan dan minuman halal dalam kemasan diperlukan adanya peningkatan pendalaman agama seperti mengikuti dan mengadakan tausiyah keagamaan, serta mengikuti bila ada seminar mengenai sertifikasi halal yang diadakan oleh pemerintah.

English Abstract

Indonesia is one of the countries with the most Muslim population, in the Pew Research report (2015), noting that in 2010 Indonesia ranked as the country with the largest Muslim population in the world. Muslim communities are obliged to consume halal food. This is a worship and can bring merit because it is a command from Allah SWT. But unfortunately, nowadays the community is less aware or concerned about the products they consume, where in a supermarket the arrangement is sometimes mixed between products labeled halal and not. Factors that cause low public awareness to buy and consume halal products, one of which is triggered by their perspective on halal itself, halal is seen as merely mandatory, not as a necessity (Zuraya, 2016). The purpose of this study was to determine the effect of Halal Label Awareness, Consumer Perception, Religious Trust on buying interest and purchasing decisions on halal food and beverage products. The location of the research was conducted in various kinds of supermarkets in Malang City, East Java. Location determination is done intentionally or purposively. The location was chosen with the consideration that the city of Malang is a tourist city where many immigrants and students are studying in the city of Malang. This research was conducted for one month from January to February 2019. The analysis used in processing data in this study used Structural Equation Modeling (SEM) with a total of 102 samples. From the results of the study Halal Awareness has no effect on Buying Interests. This happened according to what happened in the field, many respondents who didnt pay attention to the halal label in the packaging of food and drinks to be purchased. Halal perception has a positive and significant influence on the interest in buying Halal food and beverages in the packaging. In accordance with research conducted in the field, almost all respondents bought halal food and beverages in packaging because they felt they believed in a brand. Religious belief has a positive and significant influence on the interest in buying Halal food and beverages in the packaging. The results of the analysis show that the more positive the religious beliefs of consumers, the greater the interest in buying consumers for halal food and beverage products in the packaging. Buying interest has a positive and significant influence on the decision to buy Halal food and beverages in the packaging. The results of the analysis show that the more positive the consumer's buying interest, the greater the consumer purchasing decision on halal food and beverage products in the packaging. Suggestions that can be given is that it is better for food and beverage producers in the packaging to place halal labels in places where they are easily seen by consumers when taking the products to be purchased. Like placing a halal label in front of the packaging. So that when the consumer buys the product, the halal label has been seen without having to look for more details. Consumers can lead to a perception or trust in a product when viewing the product, where the factors that influence perception one of them is the brand image of a good brand image company about the company can be built through advertisements delivered can also be built with information from relatives who tell quality products to be purchased by these consumers. It is better to increase awareness of the purchase of halal food and beverage products in packaging, it is necessary to increase the deepening of religion such as following and holding religious tausiyah, and following if there are seminars on halal certification held by the government.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/65/051906760
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 16 Aug 2020 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173062
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item