Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Sari Buah Belimbing Mutiara Sari (Studi Kasus Ksm Tejo Semunar, Kelurahan Karangsari, Kota Blitar)

Rahmawati, Nike Dwi (2019) Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Sari Buah Belimbing Mutiara Sari (Studi Kasus Ksm Tejo Semunar, Kelurahan Karangsari, Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Blitar terkenal dengan buah belimbing sebagai potensi wilayah yang berbasis pertanian yaitu berupa perkebunan belimbing tepatnya di Kelurahan Karangsari. Produksi buah belimbing dari tahun 2012 sampai 2016 selalu mengalami peningkatan. Hasil panen buah belimbing tersebut 90% buah dijual dalam bentuk buah segar dan 10% dijual dalam bentuk produk olahan. KSM Tejo Semunar melakukan pengolahan pada buah belimbing yang tidak dijual menjadi produk olahan minuman dan juga makanan. KSM Tejo Semunar telah menghasilkan dan memasarkan produk olahan sari buah belimbing namun target penjualan tersebut belum dapat terpenuhi, sehingga diperlukan solusi untuk dapat menarik para konsumen dan meningkatkan penjualan yaitu salah satunya dengan cara menerapkan sensory marketing yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel sight (penglihatan), sounds (pendengaran), smells (penciuman), taste (perasa), dan textures/touch (sentuhan) terhadap kepuasan konsumen sari buah belimbing Mutiara Sari dan menganalisis variabel sensory yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan di Agrowisata Belimbing Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar mulai Maret hingga April 2019. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan pendekatan non-probability sampling dan penentuan pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Responden yang diperlukan berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, sedangkan untuk pengumpulan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan data dari beberapa instansi terkait. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian adalah variabel sight (X1) dan variabel smells (X3) dalam sensory marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) produk sari buah belimbing Mutiara Sari produksi KSM Tejo Semunar. Hal ini dikarenakan, sebelum melakukan pengkonsumsian hal pertama yang dilakukan oleh konsumen adalah menggunakan pengalaman yang diterima oleh indra penglihatan dalam menilai suatu produk yang kemudian dilanjutkan dengan pengalaman yang diterima oleh indra penciuman. Penciuman juga menjadi pertimbangan penting dalam melakukan kegiatan pengkonsumsian. Oleh karena itu, dalam penilaian produk sari buah belimbing konsumen lebih memperhatikan tampilan dari kemasan serta gerai dari penjualan produk yang dirasa kurang dan juga aroma dari produk yang dinilai terlalu menyengat dan menghilangkan aroma sari belimbing. Selain itu, variabel sight merupakan variabel yang paling dominan dengan nilai koefisien regresi terstandarisasi (β) sebesar 0,461. Variabel sight meliputi apa yang dilihat oleh konsumen baik dari produk, kemasan dan desain gerai penjualan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwaii tampilan dari produk dan galeri penjualan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen sebelum melakukan pembelian dan pengkonsumsian produk sari buah belimbing Mutiara Sari produksi dari KSM Tejo Semunar. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan untuk dapat meningkatan kepuasan konsumen pada produk sari buah belimbing Mutiara Sari maka faktorfaktor yang memberikan kepuasan konsumen seperti pengalaman yang telah diterima oleh indra perasa, pendengaran dan peraba harus dipertahankan. Sebaliknya, faktor yang menjadikan konsumen merasa tidak puas seperti apa yang diterima oleh indra penglihatan dan penciuman harus dievaluasi dengan lebih meningkatkan proses quality control agar produk yang dihasilkan seragam, sesuai dengan standart yang telah ditetapkan dan tidak ada komplain dari konsumen. Selain itu, pengalaman yang diterima oleh indra penglihatan menjadi pertimbangan pertama konsumen dalam melakukan kegiatan pengkonsumsian, perlu adanya tambahan kejelasan informasi seperti tanggal kadaluarsa dan sertifikasi halal pada produk sari buah belimbing Mutiara Sari agar produk tersebut dapat lebih dipercaya oleh konsumen. Adanya tambahan kejelasan pada produk tersebut dapat menjadikan konsumen semakin percaya bahwa produk sari buah belimbing Mutiara Sari aman dan sehat untuk dikonsumsi.

English Abstract

Blitar city is famous for star fruit as a potential area based on agriculture of star fruit plantations precisely in Karangsari Village. Star fruit production from 2012 to 2016 has always increased. The yield of star fruit is 90% sold fresh fruit and 10% sold in processed products. KSM Tejo Semunar does processing on star fruit which is not sold as processed products and also food. KSM Tejo Semunar has produced and marketed star fruit juice but the sales target has not been fulfilled, so a solution is needed to be able to attract consumers and increase sales, one of them is by implementing good sensory marketing . The purpose of this study are to analyze the effect of sight, sounds, smells, taste and textures/touch on consumer satisfaction Mutiara Sari star fruit juice product and to analyze the variables sensory more dominant affect consumer satisfaction. The study was conducted at Agrowisata Belimbing, Karangsari Village, Sukorejo Sub district, Blitar City from March to April 2019. The study was conducted using a quantitative approach. The sampling technique was using nonprobability sampling and determining the number of samples was taken through a purposive sampling technique. The number of respondents required is 60 people. Data collection techniques in this study are using questionnaires, while secondary data obtained from journals, books and data from several related agencies. Data analysis using multiple linear regression analysis. The results of the study were sight variables (X1) and variable smells (X3) in sensory marketing had a significant effect on consumer satisfaction (Y) Mutiara Sari star fruit products produced by KSM Tejo Semunar. This is because, before consuming the first thing that’s done by consumers is to use the experience from sense of sight in assessing a product, then followed by the experience received from sense of smell. Smelling is also an important consideration in carrying out consumption activities. Therefore, in the assessment of star fruit juice products consumers pay more attention to the appearance of packaging and outlets from the sale of products that are deemed lacking and also the aroma of products that are considered too stinging and eliminate the aroma of star fruit juice. In addition, the sight variable is the most dominant variable with a standardized regression coefficient (β) of 0.461. Variable sight includes what is seen by consumers both from the product, packaging and sales store design. Based on the results of this research, it can be said that the appearance of products and sales galleries are the main consideration for consumers before purchasing and consuming Mutiara Sari star fruit juice products produced by KSM Tejo Semunar. Based on the result, advice that given to increase consumer satisfaction in Mutiara Sari star fruit juice products are the factors that provide customer satisfaction such as experience that has been received by the taste, hearing and touching senses must be maintained. Conversely, the factors that make consumers feel dissatisfied as what is received by the sense of sight and smell must be evaluated by further improving the quality control process so the products areiv uniform, in accordance with predetermined standards and no complaints from consumers. In addition, the experience received by the visual senses is the first consideration for consumers in carrying out consumption activities, it is necessary to provide additional information such as the expiration date and halal certification on Mutiara Sari starfruit product so that the product can be trusted by consumers. The additional clarity on these products can make consumers increasingly believe that Mutiara Sari starfruit juice products are safe and healthy for consumption.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/282/051907054
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:09
Last Modified: 22 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173024
[thumbnail of NIKE DWI RAHMAWATI (2).pdf]
Preview
Text
NIKE DWI RAHMAWATI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item