Efektivitas Promosi Menggunakan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hortikultura Di Perusahaan Sayur Box

Hani, Farika (2019) Efektivitas Promosi Menggunakan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hortikultura Di Perusahaan Sayur Box. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas promosi online terhadap keputusan pembelian produk hortikultura diperusahaan Sayur Box yang diukur melalui metode AIDA. Maraknya penggunaan media sosial dikalangan masyarakat yang membuat perubahan gaya hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjadi alasan penelitian ini dilakukan bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat memenuhinya dengan belanja online. Efektivitas promosi produk dapat diukur dan diketahui dari perubahan sikap yang terjadi pada konsumen dan diukur melalui tahapan AIDA yaitu Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Jenis produk yang diteliti adalah pada produk sayuran di sayur Box, kemudian jenis media sosial yang diteliti pada penelitian ini adalah instagram. Jumlah responden dari penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structual Equation Modeling (SEM-AMOS) dan skor rataan serta tabulasi sederhana. SEM-AMOS digunakan untuk menganalisis pengaruh promosi online produk Sayur Box terhadap tahapan AIDA (Attention. Interest, Desire, dan Action). Kemudian skor rataan dan tabulasi sederhana digunakan untuk menganalisis efektivitas promosi menggunakan media sosial terhadap keputusan pembelian produk Sayur Box. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi online yang dilakukan oleh Sayur Box berpengaruh terhadap setiap tahapan AIDA. Hal ini dibuktikan dengan nilai C.R yang dihasilkan masing-masing 0.257, 0.198, 0.337, dan 0.167. Selain nilai tersebut, dihasilkan pula nilai yang menunjukkan bahwa setiap tahapan AIDA akan mempengaruhi tahapan selanjutnya, mulai dari Attention yang mempengaruhi Interest, Interest mempengaruhi Desire, dan Desire mempengaruhi Action. Adapun nilai C. R yang dihasilkan masing-masing adalah 0.289, 0.194, dan 0.428. banyak hal yang dapat mempengaruhi minat konsumen untuk kemudian berakhir pada pembelian produk di Sayur Box. Kejelasan informasi dan gambar serta video yang diunggah dapat menentukan sejauh mana promosi dinyatakan efektif. Semakin jelas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen suatu informasi yang disampaikan, maka akan membuat konsumen semakin ingin untuk memiliki produk yang ditawarkan.ii Pada perhitungan skor rataan dan tabulasi sederhana, data menunjukkan bahwa promosi online dinyatakan efektif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata yang dihasilkan yakni sebesar 3, 87. Dengan nilai tersebut, promosi dinyatakan efektif karena berada pada rentang 3,60- 4,20. Efektifnya penggunaan promosi yang diterapkan oleh Sayur Box karena penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan berdasarkan unggahan yang dapat menarik perhatian, keinginan, minat hingga pada akhirnya konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian produk.

English Abstract

This research aims to analyze the effectiveness online promotion of horticultural products purchase inside a Sayur Box as measured through methods of AIDA. The rise of social media use among the community who make lifestyle changes in meeting the needs of the reason research is done even to meet the daily needs of the community to comply with online shopping. The effectiveness of promotional products can be measured and known by consumers attitude and measured through stages i.e. AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action). Types of products examined is on vegetables in Sayur BOx, then social media types are examined in this research is instagram. Data analysis technique used is a Structual Equation Modeling (SEM-AMOS) and score as well as the simple tabulations rataan. SEM-AMOS used to analyze the influence of online promotional products Sayur Box against the stages of AIDA. Then score of simple tabulations and used to analyze the effectiveness of promotion using social media product purchasing decision against Sayur Box. The results of this study indicate that online promotions carried out by Sayur Box to every stage of the AIDA. This is evidenced by the value C. R produced each 0257, 0198, 0337, and 0167. In addition to these values, the values produced shows that each stage will affect the subsequent stages of AIDA, from Attention affecting Interest, Interest affect Desire, and Desire influence Action. As for the value of C. R produced each is 0289, 0194, and 0428. A lot of things that can affect consumer interest for later ended in product purchase at a vegetable Box. As for the value of C. R produced each is 0289, 0194, and 0428. a lot of things that can affect consumer interest for later ended in product purchase at a Sayur Box. Clarity of information and pictures as well as videos uploaded can determine the extent to which the promotion was declared effective. The more clear and in accordance with the needs of a consumer information submitted, then it will make consumers increasingly want to have a product to offer. On the calculation of the score and the simple tabulations, data show that online promotion is declared effective against consumer purchasing decisions. It is known from the average value generated i.e. a 3, 87. With these values, expressed effective promotion because it is on the range 3.60-4.20. Effective use of promotions are applied by a Sayur Box because of the use of media appropriate to the needs of consumers and based on uploads that can attract attention, interest, desire to ultimately consumers decide to do the purchase of the product.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/292/051907043
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173021
[thumbnail of FARIKA HANI (2).pdf]
Preview
Text
FARIKA HANI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item