Rahardjo, Masaji Renhad (2019) Perencanaan ulang Struktur Atas Jembatan Gantung tipe Side Span Free (Studi kasus : Jembatan Oro-Oro Dowo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jembatan adalah struktur yang menghubungkan dua titik daerah terpisah melalui suatu hambatan seperti sungai, lembah, jurang, dan laut. Dengan adanya jembatan dapat memudahkan aktifitas manusia, dan melancarkan arus pengiriman barang. Salah satu tipe jembatan yang digunakan untuk bentang panjang adalah jembatan gantung karena dapat menjangkau bentang yang panjang tanpa pilar ditengahnya. Penelitian ini membahas tentang perencanaan ulang jembatan gantung Oro – Oro Dowo Gg.13 yang semula menggunakan pelat lantai kayu, diubah menjadi pelat lantai beton bertulang. Agar kendaraan bermotor bisa menggunakannya tanpa menuntun kendaraannya. Lebar lantai kendaraan diperlebar agar jalur dari arah berlawanan dapat menggunakan bersamaan. Jembatan di rencanakan dengan tipe side span free. Bentang total jembatan 42 m dengan bentang tepi 6 m dan bentang utama 30 m. Lebar dek 3,5 m dengan lantai kendaraan 3 m. Jembatan diklasifikasian sebagai kelas jalan I dengan muatan sumbu terberat 500 kg/m. Dek jembatan tersusun atas pelat lantai beton bertulang, gelagar memanjang, gelagar melintang, ikatan angin, kabel penggantung, dan kabel utama. Hasil perancangan diperoleh pelat beton setebal 20 cm dengan tulangan utama D13 – 200 mm dan untuk tulangan bagi ∅10-200 mm. Gelagar memanjang menggunakan profil WF 150 x 75 x 5 x 7. Gelagar melintang menggunakan profil tipe C 300 x 90 x 10 x 15,5. Rangka ikatan angin menggunakan profil suku 90 x 90 x 10. Kabel utama menggunakan kabel ϕ25 dengan kuat putus 37000 kg. Kabel penggantung menggunakan P.22 dengan diameter 22 mm dan berat nominal 2,98 kg/m. Untuk menara menggunakan Baja dengan mutu BJ 37, dimensi menara dengan baja WF 200 x 100 x 6 x 9 dengan tinggi 4 meter.
English Abstract
The bridge is the structure that connects the two points separate areas through an obstacle such as rivers, valleys, ravines, and sea. With the bridge can facilitate human activity, and ease the flow of goods delivery. One type of bridge that is used for long-span suspension bridge because it is able to reach a long spans without pillars in the middle. This study discusses the re-planning drawbridge Oro - Oro Dowo Gg.13 which was originally used wooden floor plate, is converted into a reinforced concrete floor slabs. To be able to use a motor vehicle without a lead vehicle. The width of the vehicle floor widened so that the path from the opposite direction can be used simultaneously. The bridge was planned with the type of side span free. The number of spans of 42 m spans the edge of the bridge 6 m and 30 m the main span. Deck width of 3.5 m with the vehicle floor 3 m. Bridges are classified as class I roads with the heaviest axle loads of 500 kg / m. Bridge deck consists of a reinforced concrete floor slabs, longitudinal girder, cross girder, the wind ties, cable hanger, and the main cable. The results obtained by the design of the concrete slab 20 cm thick with the main reinforcement D13 - 200 mm and for reinforcement for ∅10-200 mm. Longitudinal girder using WF profile 150 x 75 x 5 x 7. The transverse beam profile using a profile type C 300 x 90 x 10 x 15.5. Wind bond order use rate profile 90 x 90 x 10. Main cable using a cable φ25 with strong breaking 37000 kg. Cable hanger using P.22 with a diameter of 22 mm and a nominal weight of 2.98 kg / m. For pylon using quality steel with BJ 37, the dimensions of the tower with steelWF 200 x 100 x 6 x 9 with a height of 4 meters.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/598/051905160 |
Uncontrolled Keywords: | Jembatan gantung, side span free, kabel. Suspension bridge, side span free, cable. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.2 Bridges |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:57 |
Last Modified: | 09 May 2022 03:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172857 |
Text
Masaji Renhad Rahardjo (2).pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |