Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (survei pada karyawan Universitas Brawijaya pemilik sepeda motor merek Honda)

Basya, Basthomy (2019) Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (survei pada karyawan Universitas Brawijaya pemilik sepeda motor merek Honda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat embuat setiap perusahaan yang ada, khususnya perusahaan yang berkiprah dibidang teknologi saling menunjukkan inovasi-inovasi yang baru. Kesadaran konsumen dalam mempertimbangkan keputusan pembelian menjadi sebuah landasan bagi perusahaan untuk memberikan kualitas yang baik terhadap produk yang ditawarkan kepada konsumen. Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya dan mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba. Kualitas produk dan layanan purna jual salah satu strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk Honda (AHM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh layanan purna jual perusahaan Honda (AHM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan layanan purna jual secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian eksplanatori (explanatory research). Menurut Hermawan (2009:20), explanatory research merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Kualitas Produk (Y), Pengaruh Layanan Purna Jual (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikan F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai adjust R spuare sebesar 0,377. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel kualitas produk dan layanan purna jual sebesar 37,7% sedangkan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, secara parsial variabel kualitas produk sebesar 0,320 dan variabel layanan purna jual sebesar 0,177 berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.

English Abstract

The increasingly rapid development of technology has made every existing company, especially a company engaged in the technology, show new innovations. Consumer awareness in considering purchasing decisions is a foundation for companies to provide good quality products offered to consumers. Every company has a marketing strategy to be able to compete with its competitors and achieve the company's goal of earning profit. Product quality and after-sales service is one of the marketing strategies applied by companies to influence consumer behavior. The research objective was to find out and explain the influence of Honda product quality (AHM) on purchasing decisions, know and explain the influence of Honda's after-sales service (AHM) on purchasing decisions, know and explain the influence of product quality and after-sales service together on purchasing decisions The type of research used in the research is explanatory research. According to Hermawan (2009: 20), explanatory research is a study that explains the causal relationship between variables through testing hypotheses. This research was conducted to determine the Effect of Product Quality (X1) on Product Quality (Y), Effect of After-Sales Service (X2) on Purchasing Decisions (Y). The approach used is quantitative with the survey method. The results of this study indicate that the variables of Product Quality and After-Sales Service together have a significant positive effect on Purchasing Decisions which can be seen from the significant value of F <α which is 0,000 <0.05 and the value of adjust R spuare is 0.377. This shows that the variable contribution of product quality and after-sales service is 37.7% while the remaining 63.3% is influenced by other variables not examined in this study, partially the product quality variable is 0.320 and the after-sales service variable is 0.177 influentially significant and positive towards the purchase decision variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/508/051906635
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Layanan Purna Jual, Keputusan Pembelian-Product Quality, After-Sales Service, Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:38
Last Modified: 21 Oct 2021 05:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172855
[thumbnail of Basthomy Basya.pdf]
Preview
Text
Basthomy Basya.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item