Mubarok, Muhammad Faruq (2019) Efektifitas Penyelenggaraan Assessment Center Dalam Upaya Penyesuaiaan Kompetensi Dan Kualifikasi Pegawai Dalam Organisasi Perangakat Daerah Kota Malang ( Studi Pada. Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pergeseran sentralisasi ke desentralisasi memberikan hak otonomi kepada daerah. Hal tersebut merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk dapat mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan. Dengan adanya desentralisasi ini pemerintah kota malang memiliki hak untuk mengatur daerahnya termasuk dalam mengatur sumberdaya aparatur atau pegawai negeri sipil. Hal tersebut meruapakan pengelolaan PNS yang termasuk didalamnya mutasi jabatan yang terdiri dari rotasi, promosi dan mutasi pada PNS di kota Malang yang sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi. Untuk mencapai mutasi pegawai yang sesuai dengan kompetensi dan kualifiaksai tersebut kota malang menggunakan sebuah sistem penilaian yaitu Assessment center. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas, faktor pendukung, dan faktor penghambat dari penyelenggaraan Asessment center dalam menciptakan birokrasi di kota malang yang baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedang metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles, Huberman dan saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa asessment center yang dilaksanakan oleh Badan kepegawaian daerah Kota Malang dapat dinilai cukup efektif dan akan menjadi efektif jika sosialisasi terkait penyelenggaaraan assessment center untuk upaya penyesuaian kompetensi dan kualifikasi pegawai atau PNS. Hal ini dapat ditunjukan bahwa dari hasil asesment center sudah dijadikan dasar untuk pelantikan pejabat baru setelah beberapa bulan setelah penyelenggaraan Asessment tersebut. Hal tersebut dapat diartikan bahwa Asessment center di Kota Malang sudah dijadikan landasan untuk mengetahui kompetensi dan kualifikasi pegawai, sehingga pegawai tersebut dapat di posisikan atau dapat dimutasi (rotasi, promosi dan dimutasi) di tempat yang tepat sehingga terciptanya the right man in the right place.
English Abstract
Choosing centralization to decentralization, giving the right of autonomy to the regions. This is an autonomous right, authority and authority to be given and governed by the government. With this decentralization, the Malang city government has the right to determine its area including in the form of apparatus or civil servants. This is related to the management of civil servants which include mutations in positions which consist of transfers, promotions and transfers to civil servants in Malang that are in accordance with their competencies and qualifications. To achieve mutations that are in accordance with their competencies and qualifications, the city uses an Assessment Center assessment system. This study has the purpose of describing and analyzing the effectiveness, supporting factors, and inhibiting factors of the implementation of the Assessment Center in creating a good bureaucracy in the poor city. This research uses descriptive research using qualitative methods. Data collected using interviews, observation and documentation. While the method of data analysis in this study uses Miles, Huberman and Saldana analysis which consists of combining data, condensing data presenting data and merging Based on the results of the study, it can be seen that the assessment center conducted by the Malang City Regional Personnel Agency has been said to be sufficient effective and will be effective if the socialization is related to the implementation of the assessment center in an effort to adjust the competence and qualifications of employees or civil servants. This can be shown that the results of the assessment center have been used as the basis for the inauguration of new officials after several months after the assessment was held. This can be interpreted that the Asessment center in Malang has been used as the basis for knowing employee competencies and qualifications, so that employees can be positioned or can be transferred (rotation, promotion and transfer) in the right place so that the right man in the right place is created.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/331/051906327 |
Uncontrolled Keywords: | efektifitas, Asessment center, kompetensi dan kualifikasi-effectiveness, assessment center, competence and qualifications |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 05:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172838 |
Preview |
Text
Muhammad Faruq mubarok .pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |