Kapabilitas Dinamis Dalam Upaya Pengembangan Kedai Kopi di Kota Malang

Putra, Wing Restu (2019) Kapabilitas Dinamis Dalam Upaya Pengembangan Kedai Kopi di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasa dan aromanya. Minuman kopi ini digemari oleh masyarakat dari segala umur. Sebagian orang mengkonsumsi kopi sebagai salah satu minuman kegemaran, sedangkan ada sebagian orang yang malah tidak menyukai minum kopi dikarenakan kopi dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan. Kedai kopi merupakan sebuah tempat dimana masyarakat berkumpul untuk sekedar melepas lelah, tempat menghabiskan waktu yang di anggap bermanfaat dibandingkan dengan aktivitas tidur, tempat berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, atau bahkan sebagai tempat mencari inspirasi. Bagi pecinta kopi, menikmati kopi dengan racikan sendiri akan terasa berbeda ketika mereka menikmati racikan sebuah kopi di suatu kedai kopi. Dengan banyaknya kedai kopi yang telah berdidiri di kota Malang, untuk dapat melalui persaingan antar pengusaha kedai kopi tersebut pengusaha kedai kopi perlu mengembangkan kapabilitas dinamis usaha melalui tiga komponennya, yaitu sensing, seizing, dan transforming. Adapun yang dimaksud dengan kapabilitas dinamis adalah kemampuan perusahaan dalam beradaptasi untuk menghadapi lingkungan yang berubah cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kapabilitas dinamis pada usaha kedai kopi di kota Malang ditinjau dari tiga komponennya dalam menghadapi lingkungan baru yang lebih kompetitif agar dapat bertahan dan bersaing. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di kota Malang mulai pada bulan Desember 2018 hingga bulan Februari 2019. Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara terbuka dan mendalam. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kualitatif atau statistik sederhana untuk menjabarkan tiga komponen kapabilitas dinamis sesuai dengan keadaan di lokasi penelitian tanpa mengubah data lapang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat sepuluh sumber daya yang digunakan dalam usaha kedai kopi, yaitu bahan baku (kopi), modal (finansial), alat produksi, lokasi, transportasi, skill, tenaga kerja, informasi, jaringan atau relasi dan fasilitas. Sumber daya yang dianggap paling prioritas adalah sumber daya modal (finansial), lokasi, transportasi, skill, tenaga kerja dan fasilitas. Sedangkan yang termasuk dalam kategori urgensi sangat penting adalah sumber daya bahan baku (kopi), alat produksi, informasi dan jaringan atau relasi. Sumber daya yang digunakan untuk usaha kedai kopi didapat dengan membeli langsung. Sedangkan transformasi yang dilakukan dalam usaha kedai kopi adalah perbaikan kualitas produk, perbaikan manajemen SDM, kualitas pelayanan, perluasan pasar dan penambahan jaringan. Transformasi yang berkaitan dengan seluruh sumber daya pada komponen sensing dan seizing adalah perbaikan kualitas produk, perluasan pasar dan penambahan jaringan.

English Abstract

Coffee is one more popular beverage among Indonesian because the smell and taste. Indonesian hobby is drinking coffee for all ages. Most of them like drinking coffe but there are also many who don’t like coffee because of the healthy reason. Drink coffe effected not good to people healthy. Coffe bar is a place where people gather to just unwind, a place to spend time that is considered useful compared to sleep activities, a place to gather with family, friends, close friends, or even as a place to looking for inspiration. For coffee lovers, enjoying coffee with their own concoction bring different sensation compared enjoy the coffee bar concoction. nowdays there are many coffee bars that have been established in Malang, to be able go through between the coffe bar entrepreneurs competition, entrepreneurs need to develop their business with dynamic capabilities through it's three components, namely: sensing, seizing and transforming. The definition of dynamic capability is the ability of companies to adapt toward a rapidly changing environment. This study aims to identify dynamic capabilities in coffee bar businesses in Malang in terms of its three components toward more competitive new environment in order to survive and compete. Determination of location is done purposively, namely in Malang city started in December 2018 until February 2019. Determination of informants in this study was carried out by purposive sampling technique and data collection was carried out by means of open and in-depth interviews. While the data analysis technique in this study uses qualitative descriptive statistics or simple statistics to describe the three components of dynamic capabilities according to the conditions in the study location without changing field data. Based on the results of the study there are ten resources used in the coffee bar business, namely: raw materials (coffee), capital (financial), production equipment, location, transportation, skills, labor, information, networks or relations and facilities. Resources that are considered the most priority are capital resources (financial), location, transportation, skills, labor and facilities. While those included in the urgency category are very important are raw material resources (coffee), production equipment, information and networks or relations. The resources used for the coffee shop business are obtained in various ways. While the transformation carried out in the business is product diversification, improvement of coffee shop design, addition of production equipment, and reduction of plastic use in coffee shops. While the transformation carried out in the business is diversification product, improvement of coffee bar design, addition of production equipment, reduction of plastic use in coffee bar. The transformation related to all resources in the sensing and seizing component is product diversification and calibration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SIKR/FP/2019/24/051906750
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 647 Management of public households (institutional housekeeping) > 647.9 Specific kinds of public households and institutions > 647.95 Eating and drinking places > 647.950 68 Coffee shops--Management
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:57
Last Modified: 24 Aug 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172727
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item