Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (Dslr) Canon Di Toko Pantai Photo Malang)

Pratama, Fajar Bangun (2018) Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (Dslr) Canon Di Toko Pantai Photo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) Canon di Toko Pantai Photo Malang)” dilaksanakan pada Agustus 2018. Citra Merek dan Kepercayaan Merek yang baik meningkatkan Keputusan Pembelian sehingga menguntungkan untuk sebuah merek dagang. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Kepercayaan Merek (Y1), 2) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Kepercayaan Merek (Y1) terhadap Keputusan Pembelian (Y2), 3) Mengetahui adanya pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y2). Metode Penelitian yang digunakan adalah Explanatory yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, kemudian analisis jalur (path analysis) yang digunakan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variabel Independen (X), variabel Intervening (Y1), dan variabel Dependen (Y2). Hasil uji analisis jalur dengan tingkat signifikan t < 0,05 maka H0 ditolak yang berarti bahwa variabel Citra Merek (X) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Kepercayaan Merek (Y1) sebesar 9.089 dengan nilai koefisien Determinasi (R2) 0,420 yang berarti variabel Citra Merek (X) dipengaruhi sebesar 42% oleh variabel Kepercayaan Merek (Y1) sedangkan kontribusi variabel-variabel lain di luar model penelitian ini sebesar 58%. Variabel Kepercayaan Merek (Y1) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Keputusan Pembelian (Y2) sebesar 6.569 dan variabel Citra Merek (X) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Keputusan Pembelian (Y2) sebesar 3.643 dengan nilai koefisien Determinasi (R2) 0,572 yang berarti variable Citra Merek (X) dan Kepercayaan Merek (Y1) dipengaruhi sebesar 57,2 % terhadap Keputusan Pembelian (Y2) sedangkan kontribusi variabel-variabel lain di luar model penelitian ini sebesar 42,8%. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Citra Merek (X) terhadap Kepercayaan Merek (Y1) dan variabel Citra Merek (X) dan Kepercayaan Merek (Y1) terhadap Keputusan Pembelian (Y2)

English Abstract

The study Entitled "The Influence of Brand Image on Brand Trust and its impact on Purchase Decisions (Survey of Canon Single Lens Reflex (DSLR) Digital Cameras Users at Pantai Photo Malang)" was held in August 2018. Good Brand Image and Brand Trust increase Purchase Decisions making it profitable for a trademark. This study aims to: 1) Know the existence of partial influence between the variable Brand Image (X) on Brand Trust (Y1), 2) Knowing the influence partially between the variable Brand Trust (Y1) on Purchase Decision (Y2), 3) Knowing there is a partial influence between Brand Image (X) variables on Purchase Decisions (Y2). The research method used is Explanatory which uses questionnaires as data collection tools distributed to 116 respondents. The sampling technique uses purposive sampling. Data analysis used is descriptive analysis which contains the distribution of items from each variable, then path analysis which is used to determine the significance of the influence of Independent variables (X), Intervening variables (Y1), and Dependent variables (Y2). Path analysis test results with a significant level t <0.05 then H0 is rejected which means that the Brand Image variable (X) is significantly influenced by the Brand Trust variable (Y1) of 9,089 with a Determination coefficient (R2) 0,420 which means Brand Image variable ( X) is influenced by 42% by the Brand Trust variable (Y1) while the contribution of other variables outside the research model is 58%. The variable Brand Confidence (Y1) is significantly influenced by the Purchasing Decision variable (Y2) of 6,569 and the Brand Image (X) variable is significantly influenced by the Purchase Decision variable (Y2) of 3,643 with the Determination coefficient (R2) 0,572 which means the Brand Image variable (X) and Brand Trust (Y1) is affected by 57.2% of the Purchasing Decision (Y2) while the contribution of other variables outside the research model is 42.8%. The conclusion of the research results is that there is a partial influence between the variable Brand Image (X) on Brand Trust (Y1) and the variable Brand Image (X) and Brand Trust (Y1) on Purchase Decisions (Y2)

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/22/051906011
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian, Brand Image, Brand Trust, Purchase Decisions
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172699
[thumbnail of FAJAR BANGUN PRATAMA (2).pdf]
Preview
Text
FAJAR BANGUN PRATAMA (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item