Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Brawijaya)

Saputra, Surya Bagus (2019) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kepuasan konsumen (Y) Persaingan yang semakin sulit di era revolusi industri saat ini mengharuskan perusahaan untuk selalu berinovasi. Hal ini untuk memberikan produk yang terbaik kepada konsumen. Salah satu industri yang berpengaruh di persaingan global saat ini adalah industri telekomunikasi. Strategi yang harus dilakukan perusahaan untuk tetap hidup dan bertahan adalah mengeluarkan produk yang mempunyai harga kompetitif dengan kualitas yang terbaik. Penelitian ini menganalisa pengaruh harga dan kualitas produk yang ditawarkan Xiaomi terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Non Probability Sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dangan uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga (X1) dan kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,7213 artinya bahwa 72,13 % variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel harga dan kualitas produk, sedangkan sisanya 27,8% variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Pada uji T menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.

English Abstract

This study aims to determine the effect of price and product quality on customer satisfaction. The independent variables used in this study are Price (X1) and Product Quality (X2), while the dependent variable in this study is customer satisfaction (Y) Competition in the era of industrial revolution now increasingly difficult that requires companies to always innovate. This is to provide the best products to consumers. One of the industries that influences global competition today is the telecommunications industry. The strategy that must be done by the company to stay alive and survive to issue products that have competitive prices with the best quality. This study analyzes the effect of prices and quality of products offered by Xiaomi on consumer satisfaction. This type of research used is explanatory research, with a quantitative approach. The location of the study was conducted at Brawijaya University. The sampling technique is by Non Probability Sampling. Data analysis techniques in this study used multiple linear regression with T test and F test. The results of this study indicate that price (X1) and product quality (X2) together have a significant effect on customer satisfaction (Y). The results of this study indicate that the coefficient of determination (R2) of 0.7213 means that 72.13% of the variable customer satisfaction is influenced by variable prices and product quality, while the remaining 27.8% variable customer satisfaction is influenced by other variables not tested in research this. The T test shows that the price variable has a significant effect on Consumer Satisfaction and the Product Quality variable has a significant effect on Consumer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/506/051906633
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen-Price, Product Quality, Consumer Satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 21 Oct 2021 05:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172691
[thumbnail of Surya Bagus Saputra.pdf]
Preview
Text
Surya Bagus Saputra.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item