Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Revisit Intention (Survei Pada Pengunjung Goatzilla Farm Kabupaten Lumajang)

Maulida, Iis (2019) Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Revisit Intention (Survei Pada Pengunjung Goatzilla Farm Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh Atribut Produk Wisata terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Revisit Intention, Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, variabel penelitian ini adalah Atribut Produk Wisata sebagai varaibel bebas Kepuasan sebagai varibel intervening dan Revisit Intention sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 139 orang responden yang pernah berkunjung ke Goatzilla Farm dan berumur 17 tahun keatas. Metode analisis data dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel Atribut Produk Wisata berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan, 2) Variabel Atribut Produk Wisata berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention 3) Variabel Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention. Saran praktis yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah perusahaan diharapkan selalu meperhatikan atraksi yang ditawarkan, karena alasan seorang responden memiliki niat untuk berkunjung kembali adalah rasa puas yang tercipta dari atraksi destinasi yang ditawarkan. Keberagaman atraksi yang ditawarkan merupakan salah satu factor yang dapat menarik calon pengunjung lain melakukan wisata di Goatzilla Farm. Atribut produk wisata yang ada di Goatzilla Farm dirasa sudah mampu menciptakan rasa puas dari responden dan bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk melakukan kegiatan wisata, sehingga diharapkan Goatzilla Farm selalu berinovasi dan memperbaiki atribut produk wisata yang ditawarkan. Fasilitas umum yang disediakan Goatzilla Farm harus selalu diperhatikan kebersihannya terutama kebersihan toilet, karena kebersihan adalah salah satu hal yang menciptakan perasaan puas secara keseluruhan dari responden. Lebih lanjut Goatzilla Farm diharapkan selalu mengembangkan dan menciptakan ide ide baru berdasarkan konsep yang dimilikinya, karena hal tersebut adalah penyebab seseorang memutuskan untuk melakukan wisata di Goatzilla Farm. Saran praktis bagi pemerintah yaitu diharapkan pemerintah selalu mendukung usaha yang bergerak dibidang pariwisata, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

English Abstract

The purpose of this reseach was to examine The Influence of Destination Atributes on Satisfaction and Impact of Revisit Intention. This reseach used explanatory reseach, variable of this reseach was Destination Atributes as independent variable, Satisfaction as intervening variable, and Revisit Intention as dependent variable. The population and sample in this reseach used 139 responden ts that ever came to Goatzilla Farm, at least once and starting from 17 years old. The method of analyzing data used path analysis. The result showed that 1) Destination Atributes have significant influence of satisfaction 2) Destination Atributes have significant influence of Revisit Intention. 3) Satisfaction have significant influence of Revisit Intention. The practical advice that can be given on this reseach was the company hopefully always pay attention to attraction which offered, because the reason of responden that Revisit Intention came from the satisfaction that created by destination attraction. The multi attraction that offered was one of a factor that interest another prospective visitors carry out destination in Goatzilla Farm. Destination Atributes in Goatzilla Farm feels capable to created satisfaction by responden and could be one of attractive choice for carry out destination activity, so that Goatzilla Farm always beexpected to innovated and repair the destination attribute which offurdly. Public fasilities was provided Goatzilla Farm must always notice cleanliness especially toilet cleanliness, because cleanliness that one of the created satisfaction feel over all by responden. Next time Goatzilla Farm expected to always develop and creat a new ideas based on their concept, because it was a reason why someone decided to carry out the destination in Goatzilla Farm the practical advice for government hopefully the government always support a bussines which included tourism to increase a number of visitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/553/051906868
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk Wisata, Kepuasan, Revisit Intention-Destination Atributes. Satisfaction, Revisit Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:59
Last Modified: 21 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172635
[thumbnail of Iis Maulida.pdf]
Preview
Text
Iis Maulida.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item