Pengaruh Periklanan Terhadap Sikap Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunduh Aplikasi Shopee yang Dipengaruhi Perikalanan Online)

Pratama, Yoki Wahyu (2018) Pengaruh Periklanan Terhadap Sikap Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunduh Aplikasi Shopee yang Dipengaruhi Perikalanan Online). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan meganalisis pengaruh Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan terhadap Sikap (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan dan Sumber Pesan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh Sikap terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Sikap, dan Struktur Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah pengunduh aplikasi Shopee yang dipengaruhi periklanan online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa (1) Isi Pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,294, (2) Struktur Pesan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,283, (3) Format Pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,234. (4) Sumber Pesan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Z) dengan nilai beta sebesar 0,232, (5) Isi Pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,121, (6) Struktur Pesan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,150. (7) Format Pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,152, (8) Format Pesan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,124, (9) Sikap (Z) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,549. Hasil tersebut membuktikan bahwa periklanan Shopee menimbulkan pengaruh positif terhadap sikap pada iklan dan keputusan pembelian, sehingga pihak Shopee dapat mengambil keputusan untuk meningkatkan upaya tersebut.

English Abstract

This study aims to (1) identify and analyze the influence of Message Context, Message Structure, Message Format, Message Source on Attitude, (2) Message Context, Message Structure, Message Format, Message Source on Purchase Decisions Structure, (3) identify and analyze the information influence of Attitude on Purchase Decisions Structure. This type of research is explanatory research with quantitative approach. Variables examined included Message Context, Message Structure, Message Format, Message Source, Attitude, and Purchase Decisions Structure. The population of this research is that people that download Shopee after being influenced by online advertising. The sample used in this study were 115 respondents while the questionnaire research instruments. Sampling technique used is purposive sampling. Analysis of the data used were descriptive analysis and path analysis (path analysis). The results of path analysis (path analysis) showed that (1) Message Context (X1) significantly influence Attitude (Z) with a beta value of 0.294, (2) Message Structure (X2) have a significant influence Attitude (Z) with a beta value of 0.283, (3) Message Format (X3) significantly influence Attitude (Z) with a beta value of 0.234, (4) Message Source (X4) have a significant influence Attitude (Z) with a beta value of 0.232 (5) Message Context (X1) significantly influence Purchase Decisions Structure (Y) with a beta value of 0.121, (6) Message Structure (X2) have a significant influence Purchase Decisions Structure (Y) with a beta value of 0.150, (7) Message Format (X3) significantly influence Purchase Decisions Structure (Y) with a beta value of 0.152, (8) Message Source (X4) have a significant influence Purchase Decisions Structure (Y) with a beta value of 0.124,(9) Attitude (Z) have a significant effect on Purchase Decisions Structure (Y) with a beta value of 0.549. These results proved that Shopee advertising cause a positive influence on attitude and purchase decision, thus the Shopee would take the decision to increase these efforts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1252/051906693
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Sikap, Struktur Keputusan Pembelian-Advertising, Attitude, Purchase Decisions
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:36
Last Modified: 21 Oct 2021 05:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172591
[thumbnail of Yoki Wahyu Pratama.pdf]
Preview
Text
Yoki Wahyu Pratama.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item