Pengaruh Tagline k&m daa Celehriry Endorser terhradap Brutd Awwettesx dan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Program Sarjana per,gguaa smarlpftorz OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya)

Ralrardian, M. Dhani (2019) Pengaruh Tagline k&m daa Celehriry Endorser terhradap Brutd Awwettesx dan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Program Sarjana per,gguaa smarlpftorz OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tagline dan Celebrity Endorser memiliki peranan yang penting dalam suatu produk, salah satunya yaitu untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk dari perusahaan tertentu. Penggunaan tagline melalui media elektronik maupun cetak sudah merupakan hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mempromosikan produknya. Beberapa perusahaan juga menggunakan celebrity endorser sebagai penyampai informasi produknya, dan celebrity endorser ini dipilih dari kalangan artis atau aktor terkenal yang wajahnya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan nasional maupun internasional. Dengan tagline dan celebrity endorser diharapkan perusahaan akan dapat meningkatkan brand awareness pada suatu produk. Brand Awareness positif dapat menentukan persepsi produk dimana konsumen akan memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli. Dalam strategi pemasaran, tagline atau slogan dan celebrity endorser sering sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mempromosikan produk-produk yang akan dilempar ke pasaran, salah satunya adalah OPPO Indonesia dengan produknya smartphone OPPO F3 Plus. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh Tagline Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik purposive sampling dan menyebarkan kuesioner off-line kepada 116 responden. Analisis deskriptif dan analisis jalur digunakan dalam penelitian untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan sebagai kesimpulan yang dapat digunakan dan menjelaskan pengaruh dari masing-masing variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tagline dan celebritiy endorser yang ada di iklan smartphone OPPO F3 Plus akan meningkatkan brand awareness yang tinggi dan secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumen lain minat untuk membeli. Temuan ini dibuktikan oleh jawaban semua responden yang menyatakan bahwa pengaruh Tagline dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness yang secara tidak langsung mempengaruhi Minat Beli. Untuk implikasi manajerial, penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap Celebrity Endorser seperti kecantikan wajah endorser, penampilan fisik endorser, kesan berkelas endorser dan daya tarik personal endorser.

English Abstract

Taglines and Celebrity Endorsers have an important role in a product, one of which is to introduce or support a product from a particular company. The use of taglines through electronic or printed media is a natural thing and is done by the company to request the product. Some companies also use celebrity endorsers to deliver information on their products, and these celebrity endorsers are chosen from famous artists or actors who are no longer in the national and international entertainment world. With the tagline and celebrity endorser, the company is expected to be able to increase brand awareness on a product. Positive brand awareness can determine the perception of products where consumers will have a positive influence on purchase intention. In marketing strategies, taglines or slogans and celebrity endorsers are often used by companies in promoting products to be marketed, one of which is Indonesian OPPO with its OPPO F3 Plus smartphone products. The purpose of this study is to explain the effect of Adverts and Celebrity Endorser Tagline on Brand Awareness and Purchase Intention. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach that uses purposive sampling technique and distributes off-line questionnaires to 116 respondents. Descriptive analysis and path analysis are used in research to describe data that has been collected as conclusions that can be used and explain the influence of each variable. The conclusion of this study is that the Tagline and Celebrity Endorser in the OPPO F3 Plus smartphone ad will increase high Brand Awareness and indirectly affect other consumer Purchase Intention. This finding is evidenced by the answers of all respondents who stated that the effect of Tagline and Celebrity Endorser on Brand Awareness indirectly affects Purchase Intention. For managerial implications, this research shows that companies can maintain and improve services to Celebrity Endorsers such as facial beauty endorsers, physical appearance endorsers, classy endorser impressions and the appeal of personal endorsers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/528/051906659
Uncontrolled Keywords: Tagline, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Minat Beli-Tagline, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Purchase Intention.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:59
Last Modified: 18 Aug 2020 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172541
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item