Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Tingkat Kognitif Siswa (Studi Pada SDN Jogosari I Pandaan).

Rahayu, Devie (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Tingkat Kognitif Siswa (Studi Pada SDN Jogosari I Pandaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya ragam belajar yang dimiliki peserta didik semakin menuntut guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang baik, salah satunya mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik untuk memahami, menyerap dan mengerti pesan yang disampaikan. Media pembelajaran didasarkan pada asumsi bahwa proses pendidikan atau pembelajaran identik dengan sebuah proses komunikasi melalui guru kepada siswa dengan perantara, sehingga akan tercipta suasana yang lebih baik. Media dalam mengajar diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan ke penerima pesan sebagai sumber belajar. Dengan adanya media ini diharapkan siswa akan semakin tertarik dalam belajar, dan siswa akan lebih mudah menangkap materi yang diajarkan. Penggunaan media dalam pembelajaran salah satunya dapat menggunakan media pembelajaran visual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang berlokasi di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, sedangkan situsnya berada di SDN Jogosari I Pandaan. Sumber datanya primer diperoleh dari angket/kuisioner, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media visual terhadap kemampuan kognitif siswa dirumuskan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Tahap Asimilasi; (2) Tahap Akomodasi; (3) Tahap Ekulibrasi; (4) Tahap pengujian prestest dan post test. Variabel Media Visual berpengaruh secara parsial terhadap Tingkat Kognitif (Y) dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. nilai Fhitung sebesar 0.790 dengan p value sebesar 0.376. Hasil pengujian tersebut menunjukkan p value<level of significance (=5%). Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan secara simultan.

English Abstract

The variety of learning that students have increasingly demands the teacher to create a good learning process, one of which is developing learning media. Learning media can make it easier for students to understand, absorb and understand the message conveyed. Learning media is based on the assumption that the process of education or learning is identical to a process of communication through the teacher to students with intermediaries, so that a better atmosphere will be created. Media in teaching is interpreted as an intermediary or an introduction to the recipient of the message as a source of learning. With this media it is expected that students will be increasingly interested in learning, and students will more easily capture the material taught. The use of media in learning one of them can use visual learning media. This study uses a type of quantitative research with a descriptive approach located in Pandaan District, Pasuruan Regency, while the site is in SDN Jogosari I Pandaan. The primary data source is obtained from the questionnaire / questionnaire, while the secondary data is obtained from documents related to the research topic. Techniques for collecting data through questionnaires and documentation. While the research instrument is a test instrument sheet. The results showed that the influence of visual media on students' cognitive abilities was formulated through several stages, namely: (1) Assimilation Phase; (2) Accommodation Stage; (3) Eculibration Phase; (4) The highest and post test testing stage. Visual Media variables have a partial effect on Cognitive Level (Y) with a significance value <0.05, which means that it has a significant effect on the Y variable. The F value is 0.790 with a p value of 0.376. there is significant influence simultaneously.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/407/051906421
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2020 14:13
Last Modified: 03 Sep 2020 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172522
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item