Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei pada Pengunjung Batu Night Spectacular)

Ariesty, Anty Ayu (2019) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei pada Pengunjung Batu Night Spectacular). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung di Batu Night Spectacular. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Daya Tarik Wisata dan Harga, dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pengunjung. Penelitian ini dilaksanakan di Batu Night Spectacular. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah pengunjung yang berkunjung di Batu Night Spectacular dan berusia lebih dari 17 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 118 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil Uji t pada penelitian ini menunjukkan sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Daya Tarik dan Harga secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung. Hasil Uji t juga menunjukkan bahwa Indikator Something to See pada item (X1.1.1) memiliki pengaruh yang paling kuat dibanding item lain. Sehingga pada hasil penelitian ini item (X1.1.1) pada variabel Daya Tarik Wisata memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap Kepuasan Pengunjung.

English Abstract

This study aims to determine the influence of Tourist Attractions and Price towards Visiting Decisions specifically to find out variables that significantly affect the Visiting Decision in Batu Night Spectacular. This study used Tourist Attraction and Price as the independent variable and Visitor’s Satisfaction as the dependent variable. This study was conducted in Batu Night Spectacular. The population and sample were visitors who visited the Batu Night Spectacular by minimum age of 17 years. The number of samples was 118 respondents and taken by using Purposive Sampling technique. Analysis of the data used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on the results of the t-test in this study showed sig. 0,000 <0,05 which means that Tourist Attraction and Price have a significant influence towards Visitor’s Satisfaction. The t-test results also showed that Tourist Attraction variable, specifically in Something to See indicator, item (X1.1.1) had the strongest influence compared with Price. So, that Tourist Attraction have the dominant influence towards Visitor’s Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/187/051906134
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Harga, Kepuasan Pengunjung-Tourist Attraction, Price, Visitor’s Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Nov 2020 15:08
Last Modified: 21 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172505
[thumbnail of Anty Ayu Ariesty.pdf]
Preview
Text
Anty Ayu Ariesty.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item