Pengaruh Citra Merek Terhadapa Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna Telkomsel)

Zakariya, Muhammad Zulfi (2018) Pengaruh Citra Merek Terhadapa Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna Telkomsel). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Citra merek bisa mempengaruhi minat beli dan keputusan pembelian konsumen secara berkesinambungan. Semakin baik citra merek suatu produk, maka semakin tinggi pula minat beli konsumen untuk melakukan keputusan pembelian, bahkan konsumen menjadi semakin loyal pada produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh secara parsial baik langsung maupun tidak langsung dari variabel citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra konsumen, dan citra produk terhadap minat beli dan keputuan pembelian. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi administrasi bisnis angkatan 2016/2017 fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya malang pengguna Telkomsel, dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa program studi administrasi bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya malang yang menggunakan kartu Telkomsel, dengan responden sebanyak 112 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara langsung variabel Citra Perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Z), dengan pengaruh sebesar 0.240, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Z), dengan pengaruh sebesar 0.418, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Perushaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dengan pengaruh sebesar 0.329, karena nilai sig. t < 0,05maka secara parsial variabel Citra Perusahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Citra Konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dengan pengaruh sebesar 0.177, karena nilai sig. t < 0,05maka secara parsial variabel Citra Konsumen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dengan pengaruh sebesar 0.193, karena nilai sig. t , 0,05 maka secara parsial variabel Citra Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

Brand image can affect buying interest and consumer purchasing decisions on an ongoing basis. The better the brand image of aproduct, the higher the interest to buy consumers to make purchasing decisions, even consumers become loyal to the product. The purpose of this study was to describe the effect of partially either direcly indirecly from the brand image variable that consists of the corporate image, image and product image to consumers buying interest and purchase decisions. The study population is Study Program Business Administration year 2016/2017 Fakulty of Administrative Science UB Malang Forces Telkomsel Users , with a total sample of 112 respondent. This type of research is explanatory research. Data collection method used is to spread out questionnaires to student of business administration Faculty of Administrative Science unfortunates who bought cards Telkomsel, with respondent as many as 112 people. The sampling technique used in this study is Purposive Sampling. The results of this study indicate that direct variable Corporate Image (X1) has a significant influence on the buying interest variable (Z), with the effect as 0.240, because sig t < 0.005 then the partial variable Corporate Image (X1) significantly affets Interest variable (Z), with the effect as 0.199, because sig. t < 0.05 in partial image of consumers (X2) significantly influence Interest Buy (Z). Variable Product Image (X3) has a significant influence on the buying interest variable Imagery Products (X3) significantly affects Interest Buy (Z). Variable Company Image (X1) significantly influence the purchase decision variable (Y), with the effect as 0.329, because sig. t < 0.05then the partial variabl Corporate Image (X1)significantly influence the purchase decision (Y). Consumers image variable (X2) has a significantly influence on the purchase decision variable (Y), with the effect as 0177, because sig. t < 0.05, in partial image of Consumers (X2) significantly influence the purchase decision (Y). Variable Product Image (X3) has a significant influence on the purchase decision variable (Y), with the effect as 0.193, because sig. t < 0.05 then the partial variable Imagery Products (X3) significantly influence the purchase decision (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/51/051905971
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:34
Last Modified: 21 Oct 2021 08:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172460
[thumbnail of Muhammad Zulfi Zakariya.pdf]
Preview
Text
Muhammad Zulfi Zakariya.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item