Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa Untuk Menyiapkan Tenaga Kerja Yang Berkompeten (Studi Pada Smk 3 Malang Jurusan Perhotelan)

Nugraha, Agung Widhyanrama (2019) Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa Untuk Menyiapkan Tenaga Kerja Yang Berkompeten (Studi Pada Smk 3 Malang Jurusan Perhotelan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan strategi sekolah untuk meningkatkan kualitas siswa dan siswi lulusan SMK. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Malang sebagai salah satu Sekolah minat khusus Kejuruan di Kota Malang dengan Berbagai Jurusan seperti tata boga, tata busana, akomodasi perhotelan, tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit, dan teknik komputer jaringan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan data-data non statistik dan terbatas sebagai upaya menghasilkan informasi yang mendalam untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul. Rumusan masalah yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana strategi sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa melalui peningkatan sarana dan prasarana? (2) Bagaimana strategi sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa melalui pengembangan kurikulum? (3) Bagaimana strategi sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa melalui kerjasama dengan pihak swasta? (4) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan strategi sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa menjadi tenaga kerja yang berkompeten? Sumber data penelitian ini adalah informan dan dokumen, sedangkan jenis data yang digunakan dalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pihak SMK masih mengedepankan proses pembelajaran dari segi Hardskill. Pada kenyataan nya di lapangan pekerjaan seperti perhotelan lulusan SMK atau siswa yang sedang magang masih susah beradaptasi dan sulit untuk berkomunikasi atau berbagi pengalaman dengan orang sekitar. Pada bagian sarana prasana sekolah masih menggunakan alat yang belum mengikuti perkembangan yang ada di industri kerja khususnya di akomodasi hotel.

English Abstract

This research is a qualitative descriptive study that uses non-statistical data and is limited to obtained related information to complement the emergence. The formulation of the problems studied are: (1) How is the strategy to improve the quality of students through improved facilities and infrastructure? (2) How to improve the quality of students through curriculum enhancement? (3) How do school strategies improve the quality of students through collaboration with the private sector? (4) What factors are supported and inhibited the improvement of school strategy in improving the quality of students to be competent workforce? The data sources of this research are informants and documents, while the types of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques used are observation, interviews, and documents. The results of this study indicated that the SMK still prioritizes the learned process in terms of Hardskill. On the difficulties in employment such as hospitality gathered Vocational Schools or students who are in apprenticeship is still difficult and difficult to communicate or share experiences with people around. In the school infrastructure section still uses tools that have not followed developments in the work industry specifically in hotel accommodation

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/221/051906169
Uncontrolled Keywords: strategi, kualitas siswa, tenaga kerja, strategy, quality of students, workforce
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:40
Last Modified: 05 Nov 2020 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172439
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item