Analisis Sistem dan Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus pada UD. Sehati)

Balighoh, R. Ayu Hikmatul (2019) Analisis Sistem dan Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Kasus pada UD. Sehati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya kebutuhan kedelai beriringan dengan perkembangan teknologi yang semakin beragam, maka permintaan persediaan kedelai juga mengalami peningkatan. Peluang pasar ini kemudian mendorong perusahaan industri untuk ikut serta dalam proses pengolahan dan ekstraksi kedelai. Kecap merupakan salah satu produk makanan fermentasi yang cukup diminati, terutama di Indonesia. Kecap Koki Dollar merupakan salah satu produk yang cukup dikenal oleh masyarakat di wilayah Tulungagung dan sekitarnya. Kecap Koki Dollar diproduksi oleh UD. Sehati yang didirikan sejak tahun 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada UD. Sehati serta untuk mengetahui efektifitas atas pelaksanaan sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas yang berlaku di UD. Sehati telah didukung dengan pengendalian intern yang memadai. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel, dan fenomena yang terjadi ketika penelitian sedang berlangsung dan menyajikan data apa adanya dengan menetapkan batasan dalam penelitian berdasarkan fokus yang timbul sebagai permasalahan. Berdasarkan pada hasil analisis dan interpretasi data serta pembahasan, terdapat kelemahan yang dapat mempengaruhi pengendalian intern yaitu pada bagian sales. Pada pelaksanaannya, sales memiliki kelebihan penugasan. Sales melaksanakan fungsi penjualan, fungsi kas, dan fungsi pengiriman sehingga perlu adanya perbaikan dalam dokumen yang digunakan oleh perusahaan agar dapat menunjang upaya pengendalian intern yang memadai. Kelemahan yang ditemukan dari pengendalian intern di setiap prosedur, terutama pada prosedur penjualan dan prosedur penerimaan kas disarankan untuk melakukan perbaikan dengan diterbitkannya dokumen atau catatan laporan pengiriman barang untuk mendukung pelaksanaan pengiriman barang.

English Abstract

The increasing needs of soy in tandem with the development of increasingly diverse technologies, the demand for soy supplies has also increased. This market opportunity then encourages industrial companies to take part in soybean processing and extraction process. Soy sauce is one of fermented food products that is in demand, especially in Indonesia. The Chef of Dollar soy sauce is one of the products that is well known by people in Tulungagung and surrounding areas. The Chef of Dollar soy sauce is manufactured by UD. Sehati that was founded in 2006. This research aims to determine the application of the system and procedures for sales and cash acceptance of UD. Sehati as well as to know the effectiveness of the implementation of the system and procedures of cash sales and acceptance of UD. Sehati has been supported by adequate internal control. The research methods used are types of descriptive research with a qualitative approach. Descriptive research with a qualitative approach aims to relate and interpret data relating to facts, circumstances, variables, and phenomena that occur when research is in progress and present data as is with set boundaries in research based on focus arising as a problem. Based on the results of the analysis and interpretation of data and discussion, there are weaknesses that can affect internal control is in the sales section. In the implementation, sales have excess assignment. Sales carry out the function of sales, cash function, and delivery function so that the need for improvements in the documents used by the company in order to support adequate internal control efforts. Weaknesses found in internal control in each procedure, especially on sales procedures and cash acceptance procedures are advised to make repairs with the issuance of documents or records of goods delivery to support Delivery of goods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/265/051906213
Uncontrolled Keywords: Analisis sistem dan prosedur penjualan, dan penerimaan kas, Pengendalian Intern, UD. Sehati-System analysis and sales procedures, and cash receipts, internal control, UD. Sehati.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:16
Last Modified: 21 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172375
[thumbnail of R. Ayu Hikmatul Balighoh.pdf]
Preview
Text
R. Ayu Hikmatul Balighoh.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item