Analisis Jaringan Komunikasi Dalam Kegiatan Pemasaran Pada Komite Pengusaha Alas Kaki Kota Mojokerto (Studi Analisis Jaringan Komunikasi Pada Komite Pengusaha Alas Kaki Kota Mojokerto)

Putri, Dhelittya Finaliyani (2018) Analisis Jaringan Komunikasi Dalam Kegiatan Pemasaran Pada Komite Pengusaha Alas Kaki Kota Mojokerto (Studi Analisis Jaringan Komunikasi Pada Komite Pengusaha Alas Kaki Kota Mojokerto). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Mojokerto memiliki industri kreatif yang berupa alas kaki sejak tahun 1994 sampai dengan sekarang. Industri ini sudah didukung oleh pemerintah dengan upaya pembentukan organisasi yang bernama Komite Pengusaha Alas Kaki Kota Mojokerto (KOMPAK). Melalui organisasi ini para pengrajin mendapatkan informasi mengenai kebutuhan pemasaran, permodalan, dan terkait pelatihan kerja dari pemerintah daerah. Berdasarkan arus pertukaran informasi sehingga terbentuklah jaringan komunikasi yang membentuk struktur tertentu untuk kegunaan pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan melihat jaringan komunikasi yang terbentuk dari para pengrajin alas kaki sepatu yang tergabung dalam organisasi agar dapat mengetahui level aktor yang berpengaruh berdasarkan level sentralitas tingkatan, sentralitas keperantaraan, sentralitas kedekatan, dan sentralitas eigenvektor. Selain pada level aktor, pengukuran jaringan komunikasi pada level klik dan kepadatan juga diamati. Untuk mengetahui posisi aktor berdasarkan level sentralitas,klik, dan kepadatan, dibutuhkan program UCINET 6 versi 6.658. Melalui program UCINET maka dapat terlihat aktor mana yang paling dominan dan yang paling berpengaruh dalam jaringannya. Dalam penelitian ini melihat jaringan global secara menyeluruh yang ada di pengusaha KOMPAK, selain itu juga melihat egonetwork masing-masing kepemilikkan bisnis, dan jaringan informasi khususnya pada program pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan jaringan komunikasi antar pengusaha di KOMPAK menunjukkan struktur sosial yang terjalin karena adanya hubungan kekerabatan/kekeluargaan, hubungan kesamaan tempat tinggal, hubungan rekan se-profesi, dan hubungan adanya kesamaan jenis dan harga produk. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa aktor yang dominan dari keseluruhan pengukuran jaringan, aktor Emru memiliki peran yang sentral dalam organisasi, yaitu sebagai ketua organisasi, sehingga memudahkan untuk menjalin hubungan dengan aktor lainnya, sementara ada aktor yang tidak memiliki relasi yaitu Sugiarto. Aktor Sugiarto walaupun tidak memiliki relasi, namun aktor tersebut merupakan seorang pengusaha ternama di Kota Mojokerto. Dengan adanya analisis jaringan komunikasi dalam IKM di Kota Mojokerto, khususnya sepatu juga memperlihatkan karakteristik para pengusaha alas kaki. Pengusaha dalam taraf berkembang masih sangat bergantung akan informasi, khususnya program pemasaran yang dilakukan pemerintah daerah, sedangkan untuk pengusaha yang memiliki sedikit relasi atau bahkan tidak memiliki relasi sama sekali, menunjukkan karakteristik pengusaha besar yang sudah tidak bergantung kepada informasi yang ada di organisasi.

English Abstract

The city of Mojokerto has a creative industry in the form of footwear from 1994 until now. This industry has been supported by the government with efforts to establish an organization called the Footwear Entrepreneurship Committee of the City of Mojokerto (KOMPAK). Through this organization the craftsmen get information about marketing needs, capital, and work training related to the local government. Based on the flow of information exchange so that communication networks are formed which form a certain structure for the use of business development. This study aims to look at the communication network formed by footwear footwear craftsmen who are members of the organization in order to find out the level of influential actors based on the level of centrality, centrality of intermediation, centrality of proximity, and centrality of eigenvectors. Besides at the actor level, measurement of communication networks at the click and density levels was also observed. To find out the position of the actor based on the level of centrality, click, and density, the UCINET 6 program version 6.658 is needed. Through the UCINET program, you can see which actors are the most dominant and the most influential in their network. In this study looking at the global network as a whole that is in KOMPAK entrepreneurs, besides that, it also looks at the ego-network of each business ownership, and information network, especially in marketing programs. The results of the study show that communication networks between entrepreneurs in KOMPAK show that the social structure is interwoven because of kinship / family relationships, the similarity of place of residence, peer-to-peer relations, and the relationship between the similarity of types and prices of products. This study also shows that the dominant actor of the overall network measurement, actor Emru has a central role in the organization, namely as the chairman of the organization, making it easier to establish relationships with other actors, while there are actors who do not have relations, Sugiarto. Actor Sugiarto despite not having relations, but the actor is a well-known businessman in the city of Mojokerto. With the analysis of communication networks in SMIs in the City of Mojokerto, especially shoes also show the characteristics of footwear entrepreneurs. Entrepreneurs in the developing stage are still very dependent on information, especially marketing programs carried out by local governments, while entrepreneurs who have little or no relationship at all show the characteristics of large entrepreneurs who are not dependent on information in the organization.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.802/PUT/2018/a/041900473
Uncontrolled Keywords: MARKETING--COMMUNICATION IN MARKETING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:22
Last Modified: 03 Sep 2019 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172338
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item