Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Ibu Rumah Tangga yang Membeli Teh Celup SariWangi di RW 02 Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang)

Trijatmiko, Ahmad (2018) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Ibu Rumah Tangga yang Membeli Teh Celup SariWangi di RW 02 Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial Ekuitas Merek yaitu variabel Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) pada ibu rumah tangga yang membeli teh celup SariWangi di RW 02 Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian penjelasan merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di RW 02 Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang, dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS versi 24.0.0.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) mempengaruhi Struktur Keputusan Pembelian (Y) secara simultan. Lalu secara parsial, Loyalitas Merek (X4) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), dan Persepsi Kualitas (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) adalah variabel Loyalitas Merek (X4).

English Abstract

This research aims to explain the effect of simultaneously and partially Brand Equity namely Brand Awareness variable (X1), Brand Association (X2), Quality Perception (X3), and Brand Loyalty (X4) on Purchase Decision Structure (Y) in housewives who bought SariWangi teabag in RW 02, Polehan, Blimbing District, Malang City. The type of research used in this research is explanatory research using a quantitative approach. Explanatory research is a research that explains the causal relationship between variables through hypothesis testing. The population in this research were housewives in RW 02, Polehan Village, Blimbing District, Malang City, with a sample of 88 respondents. Data collection techniques used in this research were questionnaires using multiple linear regression analysis using the SPSS program version 24.0.0.0 for Windows. The results showed that Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), Quality Perception (X3), and Brand Loyalty (X4) influenced the Purchasing Decision Structure (Y) simultaneously. Then partially, Brand Loyalty (X4) has a significant effect on the Purchase Decision Structure (Y). Whereas Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), and Quality Perception (X3) have no significant effect on the Purchase Decision Structure (Y). The variable that has the dominant influence on the Purchase Decision Structure (Y) is the Brand Loyalty variable (X4).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/416/051906430
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian-Brand Equity, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172307
[thumbnail of Ahmad Trijatmiko.pdf]
Preview
Text
Ahmad Trijatmiko.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item