Pengaruh Promosi Penjualan E-Commerce Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Minat Beli Konsumen (Survei pada Mahasiswa pengguna Tokopedia di Universitas Brawijaya)

Berlin, Fadel Ilham (2019) Pengaruh Promosi Penjualan E-Commerce Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Minat Beli Konsumen (Survei pada Mahasiswa pengguna Tokopedia di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan terhadap sikap konsumen, mengetahui dan menjelaskan sikap konsumen terhadap minat beli konsumen, mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Tokopedia di Universitas Brawijaya dengan sampel 116 orang. Sumber data diperoleh dari data primer deengan menyebar kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 23 Hasil penelitian ini menunjukan promosi penjualan berpengaruh signifikansi terhadap sikap konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,672 dan signifikan t 0,000. Sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,414 dan signifkan t 0,000. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,408 dan signifikan t 0,000. Sikap konsumen tidak memediasi promosi penjualan terhadap minat beli konsumen dengan nilai pengaruh langsung yang lebih besar dari pengaruh tidak langsungnya.

English Abstract

This study aims to determine and explain the effect of sales promotion on consumer attitude, knowing and explaining the effect of consumer attitude on consumer buying interest, knowing and explaining the effect of sales promotion on consumer buying interest with consumer attitude as an intervening variable. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were Tokopedia users students in Brawijaya Universtity with 116 sampling. Data sources were obtained from primary data by distributing questionnaires. This study uses path analysis with the help of SPSS 23 software The results of this study indicate that sales promotion has a significant effect on consumer attitude with path coefficient values of 0.672 and significant t 0.000. Consumer attitude has a significant effect on consumer buying interest with path coefficient values of 0.414 and significant t 0.000. Sales promotion has a significant effect on consumer buying interest with path coefficient values of 0.408 and significant t 0.000. Consumer attitude does not mediate sales promotion to consumer buying interest with a value of direct influence that is greater than its indirect influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/428/051906442
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan, Sikap Konsumen, Minat Beli Konsumen-Sales Promotion, Consumer Attitude, Consumer Buying Interest
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:15
Last Modified: 21 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172274
[thumbnail of Fadel Ilham Berlin.pdf]
Preview
Text
Fadel Ilham Berlin.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item