Survey Tentang Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Tingkat Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) (Studi Kasus Di Kabupaten Belu)

Hoar, Maria Magdalena (2019) Survey Tentang Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Tingkat Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) (Studi Kasus Di Kabupaten Belu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu modal dasar Pemerintah Daerah dalam mendapatkan dana pembangunan dan memenuhi belanja daerah. Pendapatan Asli Daerah merupakan usaha daerah guna memperkecil ketergantungan dalam mendapatkan dana dari pemerintahan tingkat atas (subsidi). PAD dikategorikan dalam pendapatan rutin anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Pendapatan Asli Daerah merupakan suatu pendapatan yang bersumber dari hasil pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengolahan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan asli daerah yang sah, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan daerah dalam menggali pendapatan dalam pelaksanaan otonomi daerah sebagai perwujudan atas desentralisasi. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan berdasarkan UU No.12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, sebagaimana telah diubah dengan UU No.28 Tahun 2009. Dimaksud bumi menurut UU No.28 Tahun 2009 tentang pajak bumi dan bangunan adalah permukaan bumi dan tubuh bumi yang berada di bawahnya. Permukaan bumi meliputi tanah perairan pedalaman (termasuk rawa-rawa tambak pengairan) serta laut wilayah RI. Sedangkan yang dimaksud dengan bangunan adalah konstruksi teknik yang ditanam atau dilekatkan secara tetap pada tanah dan atau perairan untuk tempat tinggal, tempat usaha dan tempat yang diusahakan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat kesadaran masyarakat, sehingga pembayaran pajak bumi dan bangunan masih rendah. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya dari pemerintah daerah dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Belu. 3) Untuk mengetahui serta mendalami bagaimana peran pemerintah daerah dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Belu.

English Abstract

Local Own-Source Revenue is the main income for local governments to carry out developments in their region and to finance local expenditures. It helps the local governments to reduce their dependency to higher-tier governments in acquiring fund. Local Own-Source Revenue is categorized into routine income of local budget obtained from local tax, local retribution, gains from the management of restricted local assets, and other legitimate local income. It is used to provide local government with the freedom to gain income in the implementation of local autonomy for decentralization. Land and building tax is a state tax imposed to land and buildings with the enactment of Law Number 12 of 1994 regarding Land and Building Tax, as amended by Law Number 28 of 2009. According to this law, land shall mean any surface and body of earth, including inland waters (such as marshes, ponds, and irrigation) and seas in the jurisdiction of Indonesia. Meanwhile, buildings shall mean any technical constructions permanently erected on or affixed to land and/or waters used for living, working, and obtaining gains. The objectives of this study are (1) to identify factors inhibiting people’s awareness so that land and building tax payment remains low, (2) to identify efforts made by the local government of Belu Regency to increase taxpayers’ awareness in paying land and building tax, and (3) to deeply identify the role of the local government of Belu Regency in increasing taxpayers’ awareness in paying land and building tax.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.22/HOA/2019/s/041906302
Uncontrolled Keywords: REAL PROPERTY TAX
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:16
Last Modified: 02 Sep 2019 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172264
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item