Pengaruh Praktek Pembelajaran Pragmatisme terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada SMA Negeri 6 Malang)

Amalia, Riski (2019) Pengaruh Praktek Pembelajaran Pragmatisme terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada SMA Negeri 6 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada upaya reformasi pembelajaran yang sedang berkembang di Indonesia, yang mana pembelajaran disini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswanya agar selalu baik. Menanggapi hal tersebut, SMA Negeri 6 Malang berusaha untuk memberikan pembelajaran yang baik, mulai dari sistemnya dan peran guru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 281 responden (siswa) di SMA Negeri 6 Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis regresi beserta uji-ujinya. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan oleh Variabel Praktek Pembelajaran Pragmatisme (X) terhadap Minat (Y1) dengan Fhitung sebesar 85,920, thitung sebesar 8,518, Rhitung dan rhitung sebesar 0,485. Dan Variabel Praktek Pembelajaran Pragmatisme (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y2) dengan Fhitung sebesar 88,548, thitung sebesar 5,736, Rhitung dan rhitung sebesar 0,491. Kesimpulannya bahwa Praktek Pembelajaran Pragmatisme (X) terhadap Minat (Y1) dan Hasil Belajar Siswa (Y2) memiliki pengaruh positif dan signifikan. Sarannya agar lebih memperkuat konsep dari penelitian ini dan meningkatkan kevalidan serta reliabelnya suatu data, maka perlu menggali lebih banyak lagi indikator-indikator yang mempunyai hubungan dengan variabel penelitian,

English Abstract

The background of this research is based on developing learning reform efforts in Indonesia, which in this learning is aimed to increase the interest and learning outcomes of their students so that their score will always be good. Responding to this, SMAN 6 Malang tried to provide a good learning, starting from the system and the role of the teacher. The approach used in this study is a quantitative approach with an explanatory type of research. This paper used 281 respondents (students) in SMA N 6 Malang. The data analysis used is descriptive analysis and regression analysis along with the tests. The results of this study are shown by Variable of Practical Learning Pragmatism (X) Variable on Interest (Y1) with Fcount of 85.920, tcount of 8.518, Rcoun and rcount of 0.485. And Variable of Practical Learning Pragmatism (X) Student Learning Outcome (Y2) with Fcount of 88.548, tcount of 5.736, Rcoun and rcount of 0.491. In conclusion, the Practical Learning Pragmatism (X) on Interest (Y1) and Student Learning Outcomes (Y2) has a positive and significant influence. His suggestion is to further strengthen the concept of this research and increase the validity and reliability of the data, it is necessary to explore more indicators that have a relationship with the research variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/377/051906373
Uncontrolled Keywords: Praktek Pembelajaran Pragmatisme, Minat, Hasil Belajar Siswa-Practical Learning Pragmatism, Interest, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.302 81 Techniques of study
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Nov 2020 15:39
Last Modified: 21 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172223
[thumbnail of Riski Amalia.pdf] Text
Riski Amalia.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item