Efektivitas Penerapan e-Kinerja dalam Meningkatkan Kinerja Pegawia Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya (Studi pada Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya)

Savira, Afifah (2019) Efektivitas Penerapan e-Kinerja dalam Meningkatkan Kinerja Pegawia Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya (Studi pada Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Elektronik Kinerja merupakan suatu aplikasi berbasis digital yang membantu pegawai dalam melaporan kegiatan yang yang sudah dikerjakan sehingga dapat diukur kinerja yang sudah dihasilkan oleh pimpinan masing – masing pegawai.. E-Kinerja mengharuskan pegawai untuk mengisi laporan kegiatan setiap harinya untuk mencapai Sasaran Kerja Pegawai (SKP) bulanan maupun tahunan agar meningkatkan kinerja pegawai. Disamping dari penerapannya tersebut untuk meningkatkan kinerja, terdapat permasalahan – permasalahan seperti tidak tercapainya seluruh target yang sudah ditetapkan dibuktikan dengan adanya berkas yang tidak terlesaikan yang disebabkan oleh hambatan – hambatan yang ada seperti jumlah saran dan prasaran yang terbatas, kurang kesiapan daerah pengusul dan kurangnya kemampuan SDM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo sedangkan situs penelitian berada di Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya di Jalan. Letjen S.Parman, Waru, Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah yang pertama yaitu efektivitas penerapan e-Kinerja dalam meningkatkan kinerja pegawai di bidang pengangkatan dan pensiun yang terdiri dari 3 indikator yaitu adaptasi, pencapaian tujuan dan integrasi. Dan yang kedua adalah faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan e-kinerja. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara dan alat atau perangkat penunjang lainnya. Analisis data penelitian menggunakan metode analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman serta menerapakan uji keabsahan data dengan menerapkan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-kinerja kurang efektif dalam meningkatkan kinerja karena belum memenuhi indikator efektivitas dan juga indikator dari kinerja yang baik. Pada indikator pencapaian tujuan, belum terpenuhi faktor sasaran dimana terdapat berkas yang belum terselesaikan. Pada indikator integrasi sosialisasi belum diadakan secara maksimal. Pada indikator adaptasi, sarana dan prasarana yang disediakan kualitasnya belum cukup memadai. Sedangkan pada indikator kinerja, dari 7 indikator menurut LAN RI, belum memenuhi 3 indikator yaitu kedisplinan, kerjasama dan kecakapan. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat jalannya penerapan e-Kinerja. Faktor pendukungnya yaitu: (1) laporan kinerja; (2) pemberian tunjangan kinerja (Tunkin). Sedangkan faktor penghambatnya dalah (1) jaringan internet yang lamban dan server yang bermasalah; (2) kurangnya kesadaran pegawai. (3) Kurangnya kemampuan menggunakan teknologi Saran peneliti dari hasil penelitian ini adalah perlu adanya perencananan mencakup berbagai sumber daya seperti perencanaan sarana adan prasarana, manusia dan teknologi. Dan perlu ada persiapan sosialisasi yang baik untuk meningkatkan pemahaman pegawai mengenai e-Kinerja, seta perlu adanya kesadaran pegawai menerapkan e-Kinerja dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada.

English Abstract

Electronic Kinerja (E-Kinerja) is a digital application helping the employees in reporting the done activities so that we will able to measure the performance on each employee. The application of E-Kinerja in Regional II BKN Office Surabaya has been used since 2014. E-Kinerja requires the employees to fill the daily activities report to achieve the monthly or annual Employee Work target (SKP). To improve performance, there are problems - problems such as not achieving all targets that have been established as evidenced by the existence of files that are not resolved caused by existing barriers such as limited number of suggestions and infrastructure, lack of preparedness of proponent institute and lack of resource capabilities human This study used descriptive analysis with qualitative approach located in Sidoarjo Regency and the study site in Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya at. Letjen S,Parman, Waru, Kabupaten Sidoarjo. The focus of the research in this study is the effectiveness of the application of e-Kinerja in improving employee performance in the fields of assignation and retirement in include adaptation, achievement of goals and integration. The second is supporting and inhibiting factors in implementing e-performance. The sources of data explained in primary dan secondary data. The data is obtained by interview, observation, and documentation while the research instrument is the writer itself, interview guidance, and other supported devices. The data is analyzed by interactive analysis methods by Miles and Huberman and test of validity of data used source triangulation. This study reveals that hat e-performance is less effective in improving performance because it has not met the effectiveness indicators and is also an indicator of good performance. On the indicators of achieving goals, the target factors have not been complete where there are unresolved files. The indicators of integration of information dissemination have not been carried out optimally. In the indicators of adaptation, the facilities and infrastructure provided are of insufficient quality. Whereas on the performance indicators, from 7 indicators according to the Republic of Indonesia LAN, they have not complete of 3 indicators, it is discipline, cooperation and skill.There are also supporting factors found in this study as (1) Performance result; (2) Allowance given (Tunkin). While the inhibitor factors are (1) slow internet connection and problematic server; (2) lack of employees’ awareness. Researcher's suggestion from the results of this study is that the need for planning includes various resources such as planning advice and infrastructure, people and technology. And there needs to be good preparation for socialization to improve employee understanding of e-Kinerja, and there is a need for awareness of employees implementing e-Kinerja with good compliance with existing procedures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/324/051906356
Uncontrolled Keywords: efektivitas, electronic kinerja, kinerja-effectiveness, electronic performance, performance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system > 352.630 285 Computer apllication
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 13:14
Last Modified: 21 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172199
[thumbnail of Afifah Savira.pdf]
Preview
Text
Afifah Savira.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item