Pengaruh Store Environment Terhadap Impulse Buying (Survei pada Konsumen Giant Ekspress Malang cabang Kawi)

Pratama, Dimas Januar (2019) Pengaruh Store Environment Terhadap Impulse Buying (Survei pada Konsumen Giant Ekspress Malang cabang Kawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penciptaan store environment disebuah ritel diharapkan menjadi alternatif yang tepat dalam menghadapi pesaing. store environment adalah segala karakteristik fisik dan sosial toko yang dapat meningkatkan emosi dan citra toko terhadap konsumen. Store environment suatu toko yang menarik dapat menciptakan keinginan tersendiri bagi konsumen. Konsumen yang telah memiliki rasa ketertarikan terhadap daya tarik penataan ruang dan penempatan produk pada toko ritel ini perlahan-lahan akan menimbulkan minat beli baik terencana maupun tidak terencana terhadap produk yang dijual dan kemudian melakukan kegiatan konsumsi. Sedangkan Impulse buying merupakan hal yang dialami konsumen secara alamiah yang terjadi di dalam toko saat konsumen membeli barang atau produk yang tidak direncanakan sebelumnya untuk dibeli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 116 responden yaitu pengunjung Giant Ekspress Malang cabang Kawi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh secara bersama-sama dari variabel Faktor Ambien, Faktor Desain dan Faktor Sosial terhadap Impulse buying, (2) adanya pengaruh secara parsial dari variabel Faktor Ambien terhadap Impulse buying (3) adanya pengaruh secara parsial dari variabel Faktor Desain terhadap Impulse buying (4) adanya pengaruh secara parsial dari variabel Faktor Sosial terhadap Impulse buying.

English Abstract

The creation of a store environment in a retail is expected to be the right alternative in facing competitors. store environment is all physical and social characteristics of the store that can increase the emotions and image of the store to consumers. The store environment of an attractive store can create its own desires for consumers. Consumers who already have a sense of interest in the attractiveness of spatial planning and product placement in the retail store will slowly lead to both planned and unplanned buying interest in the products sold and then carry out consumption activities. While Impulse buying is a thing experienced by consumers naturally that occurs in the store when consumers buy goods or products that are not planned beforehand to be purchased. This research uses explanatory research. Methods of data collection conducted by distributing questionnaires to 116 responder that is visitors of Giant Express Malang Branch. The sampling technique used was Accidental Sampling. Analysis of the data used is descriptive analysis and regresi analysis.. The results of the study show that: (1) there is a joint effect of the Ambient Factors, Design Factors and Social Factors on Impulse buying, (2) the partial effect of the Ambien Factor variable on Impulse buying (3) the partial effect from the Factor Design variable to Impulse buying (4) there is a partial effect of the Social Factor variable on Impulse buying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/364/051906391
Uncontrolled Keywords: Store Environment, Faktor Ambien, Faktor Desain, Faktor Sosial, Impulse Buying
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Oct 2020 08:51
Last Modified: 03 Oct 2020 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172180
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item