Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Website Dinas Pendidikan Kota Malang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Dengan Prinsip Usability G-Quality

Nadhirah, Hilyah (2019) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Website Dinas Pendidikan Kota Malang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Dengan Prinsip Usability G-Quality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Pendidikan merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kota Malang. Sebagai bentuk penerapan e-government dan usaha dalam mengingkatkan kualitas layanan, Dinas Pendidikan Kota Malang memanfaatkan website resminya sebagai media publikasi berita dan dokumentasi kegiatan seputar bidang pendidikan di Kota Malang. Selain itu, website Dinas Pendidikan Kota Malang juga menyediakan fitur pengaduan online yang dapat digunakan warga untuk mengirimkan aduan jika mengalami atau mengetahui tindakan tindakan melanggar hukum yang berhubungan dengan pendidikan di Kota Malang. Namun menurut observasi awal, ternyata masih ditemukan permasalahan usability pada website Dinas Pendidikan Kota Malang seperti tidak terpenuhinya aspek user control and freedom karena pada website tidak menyediakan menu home untuk mempermudah pengguna kembali ke halaman utama. Oleh karena itu, untuk menemukan permasalahan usability dengan lebih spesifik maka perlu dilakukan sebuah evaluasi usability. Dalam penelitian ini, evaluasi usability dilakukan menggunakan metode heuristic evaluation dengan prinsip usability g-quality yang merupakan perpanjangan dari prinsip heuristik Nielsen. Evaluasi usability yang melibatkan 4 evaluator usability expert ini menghasilkan 35 permasalahan yang terbagi ke dalam 3 dari 4 kategori severity rating yaitu 17 permasalahan mayor, 11 permasalahan minor, dan 7 permasalahan cosmetic. Rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang terdiri dari perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan informasi, dan perbaikan fungsionalitas akan diberikan untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan usability tersebut. Dari 35 rekomendasi perbaikan yang diberikan, terdapat 33 rekomendasi perbaikan desain antarmuka yang direalisasikan dalam bentuk prototype. Dari proses evaluasi tahap dua yang dilakukan pada prototype perbaikan desain antarmuka pengguna didapatkan hasil bahwa hanya 4 permasalahan usability yang masih ditemukan dari total keseluruhan 33 permasalahan usability terkait desain antarmuka pengguna. Hal tersebut menyatakan bahwa 88% permasalahan usability terkait desain antarmuka pengguna pada website Dinas Pendidikan Kota Malang telah terselesaikan dan hanya 12% permasalahan usability terkait desain antarmuka pengguna yang masih tersisa namun dengan nilai severity rating yang lebih rendah dari evaluasi tahap awal.

English Abstract

The Department of Education is one of the Regional Organizations in Malang. As a form of implementing e-government and to improve the quality services, Department of Education of Malang uses their official website as media for news publications and documentation of activities related to education in Malang. In addition, the website of the Department of Education of Malang also provides an online complaint feature that used by users to send complaints if they experience or know of law violations related to education in Malang. However, according to preliminary observations, it was found that usability problems were still found on The Department of Education of Malang website, such as not fulfilling aspects of user control and freedom because the website did not offer a home menu to make it easier for users to return to the main page. Therefore, to find usability problems more specifically it is necessary to do a usability evaluation. In this study, usability evaluation was conducted using a heuristic evaluation method with the usability principle of g-quality which is an extension of the Nielsen heuristic principle. Usability evaluation involving 4 usability expert evaluators resulted in 35 problems divided into 3 out of 4 severity rating categories, namely 17 major problems, 11 minor problems, and 7 cosmetic problems. Improvement recommendations consisting of user interface design improvements, information improvements, and functional improvements will be provided to resolve the usability issues. Of the 35 recommendations for improvements given, there were 33 recommendations for interface design improvements that were realized in the form of prototypes. From the second stage of the evaluation process carried out on the prototype of user interface design improvements, it was found that only 4 usability problems were still found from a total of 33 usability issues related to user interface design. It states that 88% of usability issues related to user interface design on the Malang City Education Office website have been resolved and only 12% usability issues related to user interface design are still remaining but with a lower severity rating than the first evaluation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/478/051905861
Uncontrolled Keywords: e-government, usability, heuristic evaluation, prinsip usability gquality, severity rating, prototype, e-government, usability, heuristic evaluation, usability principle of gquality usability, severity rating, prototype
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:27
Last Modified: 25 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172105
[thumbnail of Hilyah Nadhirah (2).pdf]
Preview
Text
Hilyah Nadhirah (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item