Pengaruh Country Of Origin dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Masyarakat Kecamatan Cipayung Kelurahan Cilangkap yang Pernah Membeli Tablet Samsung di Kota Jakarta)

Lusiana, Willi (2019) Pengaruh Country Of Origin dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Masyarakat Kecamatan Cipayung Kelurahan Cilangkap yang Pernah Membeli Tablet Samsung di Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh country of origin dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut akan memberikan gambaran apakah keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh country of origin dan citra merek dari sebuah produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Country Of Origin, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dengan usia diatas 17 tahun yang berdomisili di Kota Jakarta dan pernah membeli tablet Samsung di Kota Jakarta minimal satu kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Linier Berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara country of origin dan citra merek terhadap keputusan pembelian secara simultan. Hal ini terbukti dari nilai F hitung sebesar 31,682 > F tabel 3,08 dengan nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05). Secara parsial country of origin tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini terbukti pada nilai t hitung variabel bebas country of origin (X1) sebesar 0.252 dengan sig. T (0.801) > sig. α (0.05), sedangkan variabel citra merek memiliki nilai t hitung sebesar 6.795 dengan sig. T (0,000) < sig. α (0.05) sehingga dapat dikatakan bahwa Citra Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

The purpose of this study was to know the influence of country of origin and brand image on the purchase decision. The results of this study will illustrate whether purchasing decision by consumers can be influenced by country of origin and brand image of a product. The type of this research is explanatory research with a quantitative approach. The research variables were country of origin, brand image, and purchase decision. The population in this research were customers with minimum age of 17 years who resided in Jakarta City and have buying tablet Samsung in Jakarta area at least once. The sample used in this research was 116 respondents taken by using purposive sampling and data collection methods using a questionnaire. Data analysis technique using Multiple Linear Regression method, the F test and t test by SPSS version 25 application. The results of the research are simultaneously there is a significant influence between country of origin and brand image on purchase decision. Partially the country of origin has no influence on purchasing decisions while the brand image has a significant influence on purchasing decisions. This is evident from the calculated F value of 31,682> F table 3.08 with the sig value. F (0,000) <sig. α (0.05). Partially the country of origin has no influence on the Purchase Decision. This is evident in the value of the independent variable count of country of origin (X1) of 0.252 with sig. T (0.801)> sig. α (0.05), while the brand image variable has a t value of 6,795 with sig. T (0,000) <sig. α (0.05) so that it can be said that Brand Image (X2) has a significant effect on Purchasing Decisions (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/478/051906504
Uncontrolled Keywords: Country Of Origin, Citra Merek Keputusan Pembelian-country of origin, brand image, purchase decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172061
[thumbnail of Willi Lusiana.pdf]
Preview
Text
Willi Lusiana.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item