Muslim, Rony Adita (2019) Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek: Studi Pada Instagram Tomoo Steak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini perusahaan bidang kuliner sangat banyak dengan persaingan yang sangat ketat. Fokus dan target pemasaran saat ini telah berubah, yang pada awalnya bagaimana perusahaan mendapatkan konsumen baru, telah berubah menjadi bagaimana perusahaan menjaga agar konsumen tetap setia. Salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Tomoo Steak merupakan perusahaan dibidang kuliner yang aktif melakukan pemasaran melalui media sosial untuk memperoleh loyalitas merek. Loyalitas merek dipengaruhi secara positif ketika perusahaan melakukan advantageous campaigns, relevant content, popular contents, various platforms and applications, frequently update content pada media social (Erdogmus & Cicek, 2012). Penelitian ini melakukan pengujian terkait hubungan antara pemasaran media sosial dengan loyalitas merek menggunakan analisis regresi linier berganda. Responden dari penelitian ini adalah followers akun Instagram Tomoo Steak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari uji t menunjukkan advantageous campaigns, relevant content, popular content, dan frequently update content memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Dan hasil uji f menunjukkan variabel independent berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap loyalitas merek. Variabel independent yang digunakan pada penelitian ini berkontribusi sebesar 52,2% terhadap loyalitas merek Tomoo Steak. Variabel relevant content menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Hal ini karena akun Instagram Tomoo Steak menyajikan konten yang dapat menarik minat konsumen untuk berinteraksi dengan perusahaan.
English Abstract
Nowdays there are many culinary companies with very tight competition. The focus and target of marketing now has changed, which how companier got new customers, and has changed to how company kept customers to be loyal. One strategy that can be used by company using social media. Tomoo Steak is a culinary company that actively engages in customers relationship in anagement throught social media marketing o gain customers loyalty. Customer loyalty is positively influenced when companies doing advantageous campaigns, relevant content, popular contents, various platforms and applications, frequently updated content on social media (Erdogmus & Cicek, 2012). This study tested the relationship between social media marketing and customer loyalty using multiple linear regression analysis. Respondents from this study are followers Tomoo Steak account in Instagram. The data were collected using simple random sampling technique. Result of f test, show independent variables simultaneously or equally influence brand loyalty. The independent variable used in this study contributed 52,2% to the Tomoo Steak brand loyalty. The relevant content variable has the greatest influence brand loyalty. This is because the Tomoo Steak Instagram account presents content that can attract customers to interact with content companies, various platform.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/310/051905628 |
Uncontrolled Keywords: | advantageous campaigns, relevant content, popular contents, various platforms and applications, frequently update content, customer loyalty, Tomoo Steak. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 08:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 08:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |