Penentuan Strategi Toko Kado Ayu Acc Malang Dengan Quantitative Strategic Planning Matrix Sebagai Upaya Peningkatan Omset

Erganta, Perdana Wiba (2019) Penentuan Strategi Toko Kado Ayu Acc Malang Dengan Quantitative Strategic Planning Matrix Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko Kado Ayu Acc Malang merupakan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan perlengkapan pesta dan bungkus kado. Pada tahun 2019 terjadi penurunan rata-rata perbulan omset penjualan sebesar 14 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Tahun 2018. Penerapan strategi yang dilakukan toko saat ini belum mampu mempertahankan atau meningkatkan omset yang sudah ada sehingga diperlukan penentuan strategi untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal dari Toko serta merekomendasikan strategi yang paling tepat untuk peningkatan omset penjualan toko. Metodologi penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal (IFE) yang berupa strength dan weakness dan faktor-faktor lingkungan eksternal (EFE) yang berupa opportunity dan threat. Setelah mengetahui faktor internal dan eksternal kemudian dilanjutkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE) untuk mengetahui posisi dari Toko Kado Ayu Acc Malang. Selanjutnya IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT) untuk membangkitkan alternatif-alternatif strategi. Setelah didapatkan alternatif strategi dari matriks SWOT dilakukan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk mengevaluasi alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat 14 faktor IFE dan 10 faktor EFE yang berpengaruh terhadap perusahaan. Hasil perhitungan matriks IFE adalah 2.62 dan matriks EFE adalah 2.97. Nilai matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks IE yang diketahui berada pada kuadran ke V yaitu Hold and Maintain, strategi yang digunakan adalah pengembangan produk dan penetrasi pasar. Dalam matriks SWOT terdapat tujuh alternatif strategi yang dibangkitkan. Kemudian dalam matriks QSPM dipilih 3 alternatif strategi terbaik untuk peningkatan omset penjualan berdasarkan kondisi perusahaan. Tiga strategi yang dapat diterapkan adalah pemanfaatan media sosial dan e-commers untuk menjual produk. Kedua, meningkatkan penjualan ekspor dari Toko Kado Ayu Acc Malang dengan memaksimalkan custom box kado. Ketiga, membuat tim marketing untuk mempromosikan Toko Kado Ayu Acc Malang kepada kampus-kampus di Kota Malang.

English Abstract

The Toko Kado Ayu Acc Malang is a business that is engaged in the sale of party supplies and gift wrap. In 2019, there was a decline by 14 percent in the average monthly sales turnover when compared to the previous year, that was in 2018. The implementation of the strategies carried out by stores at this time has not been able to maintain or increase existing turnover. So that it is necessary to determine strategies to identify internal and external environmental factors of the Toko Kado Ayu Acc Malang and recommend the most appropriate strategy for increasing the store sales turnover. The research methodology begins with identifying internal environmental factors (IFE) in the form of strengths and weaknesses and external environmental factors (EFE) in the form of opportunity and threat. After knowing the internal and external factors then proceed to the Internal-External (IE) matrix to find out the position of the Toko Kado Ayu Acc Malang. Furthermore, IFE and EFE are included in the Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT) matrix to generate alternative strategies. After obtaining a strategic alternative from the SWOT matrix a Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) is conducted to evaluate alternative strategies that are in accordance with the conditions of the company. The results of this study shows that there are 14 IFE factors and 10 EFE factors that influence the company. The result of the IFE matrix is 2.62 and the EFE matrix is 2.97. The value of the IFE and EFE matrices is entered into the IE matrix which is known to be in the V quadrant which are Hold and Maintain, the strategies used are product development and market penetration. In the SWOT matrix there are seven alternative strategies generated. Then in the QSPM matrix 3 best alternative strategies were chosen for increasing sales turnover based on the company conditions. Three strategies that can be implemented are the use of social media and e-commers to sell the products. Second, increase export sales from Toko Kado Ayu Acc Malang stores by maximizing custom of the gift boxes. Third, create a marketing team to promote the Toko Kado Ayu Acc Malang to all the campuses in Malang city.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/640/051905266
Uncontrolled Keywords: Omset, Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Turnover, Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Strength-Weakness-Opportunity-Threat (SWOT), Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2020 14:14
Last Modified: 09 Nov 2020 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171467
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item