Negosiasi Individualitas Dan Profesionalitas: Studi Autoetnografi Pembentukan Karakter Dave Nirvana Sebagai Pekerja Media Lokal

Nirvana, Dave (2019) Negosiasi Individualitas Dan Profesionalitas: Studi Autoetnografi Pembentukan Karakter Dave Nirvana Sebagai Pekerja Media Lokal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa pekerja media massa lokal bekerja pada dua media massa yang berbeda, yang mana dalam perjalanannya pekerja media massa lokal ini akan memilih salah satu dari pekerjaannya untuk dijadikan identitas yang lebih ingin ditampilkan. Penelitian ini meneliti kasus yang terjadi pada Dave Nirvana yang sekaligus menjadi peneliti dalam penelitian ini untuk mengungkap bagaimana proses pembentukan identitas terjadi pada seorang pekerja media massa lokal yang bekerja pada dua media yang berbeda dengan salah satu identitas yang lebih menonjol. Penelitian ini menggunakan metode autoetnografi, sebuah metode yang mana peneliti mengungkapkan pengalamannya berada di sebuah lingkungan budaya tertentu dan dilengkapi dengan opini dari para significant others yang berada di sekitar peneliti selama konteks budaya tersebut berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti membentuk identitas dengan memberikan eksposur pada hasil kontribusi profesional yang berkaitan dengan identitas yang ingin dibentuknya. Walaupun demikian, para significant others lebih melihat identitas peneliti berdasarkan hasil karya yang dapat dirasakannya secara langsung daripada berdasarkan apa yang ditonjolkan oleh peneliti.

English Abstract

Some of local mass media worker work in two different mass media, which in their journet the local mass media worker will pick one of their jobs to be shown as their main identity. This research examines the case that happened to Dave Nirvana who are also be the researcher in this study to reveal how the identity formation process occurred to a local mass media worker who work in two different mass media with one of the identities become more prominent. This study uses an autoethnographic method, a method in which the researcher express their experience in a particular cultural environment and are complemented with the opinions from the significant others who were around the researcher during the particular cultural context. The result of this study is the researcher form his identity by giving exposure to his professional contribution result which related to the identity he want to form. However, the significant others sees the identity of the researcher based on the work that can be felt directly rather than based on what kind of identity highlighted by the researcher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/687/051905533
Uncontrolled Keywords: media massa lokal, negosiasi identitas, pekerja media-identity negotiation, local mass media, media worker
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:00
Last Modified: 21 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171441
[thumbnail of Dave Nirvana.pdf] Text
Dave Nirvana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item