Peranan Dan Fungsi Kepemimpinan TransformasionaL Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Paskibra (Studi Kasus Pada Paskibra SMA Laboratorium UM)

Anam, Choirul (2017) Peranan Dan Fungsi Kepemimpinan TransformasionaL Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Paskibra (Studi Kasus Pada Paskibra SMA Laboratorium UM). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan memberikan makna kepemimpinan transformasional berdasarkan persepsi informan paskibra SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penetitian ini dilakukan pada paskibra SMA Laboratorium UM. Informan pada penelitian ini berjumlah sepuluh orang informan yang ada di paskibra SMA Laboratorium UM. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, interpretatif data, penarikan kesimpulan. Hasi! penelitian menunjukkan proposisi pertama adalah individualized consideration dibentuk dengan pembinaan, mengayomi, menghargai sesama, dan nilai-nilai organisasi. Pada proposisi kedua adalah idealized influence dibentuk dengan keyakinan, komitmen, loyalitas, dan profesional. Berikutnya, proppsisi ketiga adalah intellectual stimulation dibentuk dengan koordinasi, stimulasii daya juang, etos kerja dan dukungan. Selanjutnya, proposisi keempat adalah inspirational motivation dibentuk dengan filosofi, gagasan, motivasi, visi dan misi, dan sharing. Serta pada proposisi kelima yaitu attributed charisma dibentuk dengan jiwa kepemimpian, bertanggung jawab, dan komunikatif. Sedarigkan pada proposisi keenam adalah kinerja organisasi yang ada pada paskibra dicerminkan oleh kinerja internal dan kinerja eksternal. Peneliti juga menemukan pada proses dibentuknya komponen-komponen kepemimpinan transformasional melalui edukasi (pembelajaran dan pengalaman). Sehingga, dari komponen-komponen kepemimpinan transformasional setiap individu niaupun kelompok memiliki kemampuan agar kinerja organisasi yang ada di paskibra bisa dilaksanakan dengan balk oleh anggota. Temuan ini berkaitan dengan salah satu teori edukasi, yaitu experience learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/ANA/p/2017/041711649
Uncontrolled Keywords: TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, PERFORMANCE, FLAG RAISING AND LOWERING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management > 658.409 2 Executive leadership
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:49
Last Modified: 09 Aug 2019 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171139
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item