Pengaruh Penggunaan Jingle Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Awareness Konsumen Berdasarkan Elaboration Likelihood Model (Studi Pada Iklan Televisi Beng – Beng Versi “Cara Makan Yang Berbeda” Terhadap Followers Instagram Account @Bengbeng_Id)

Rosalia, Maria (2019) Pengaruh Penggunaan Jingle Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Awareness Konsumen Berdasarkan Elaboration Likelihood Model (Studi Pada Iklan Televisi Beng – Beng Versi “Cara Makan Yang Berbeda” Terhadap Followers Instagram Account @Bengbeng_Id). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan jingle dalam iklan telivisi terhadap brand awareness konsumen. Brand Awareness merupakan suatu kemampuan untuk mengidentifikasi, mengenali, atau mengingat suatu merek dalam kategoti suatu produk tertentu dengan melihat seberapa jauh khalayak sadar akan merek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan jingle iklan dalam iklan terhadap brand awareness melalui iklan Beng-Beng “cara makan yang berbeda”. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model. Pada penelitian ini kedua rute dalam Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menganalisis jingle. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu jingle iklan (variabel independen), dan brand awareness (variabel dependen). Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan populasi dari followers akun @bengbeng_id dengan sampel sebanyal 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan uji normalitas. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa variabel jingle dalam iklan mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap brand awareness melalui rute periferal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jingle sebagai daya tarik iklan dapat meningkatkan brand awareness pada produk Beng-Beng.

English Abstract

This research focuses on the use of jingles in television advertising on consumer brand awareness. Brand Awareness is an instrumen to measure the ability to identify, recognize, or recall a certain brand in a category of certain kind of products. This research aims to uncover the effect of jingle in television advertising on brand awareness through Beng-Beng’s advertising "different ways to eat". The Elaboration Likelihood Model theory is used in this research. In this research, both routes of Elaboration Likelihood Model are used to analyze jingle. This research has two variable: jingle on advertising (as a independent variable), and brand awareness (as a dependent variable). This research method is quantitative explanatory with use questionnaire as data collection techniques. The populationof this research are followers of instagram account @bengbeng_id with total sample of 100 respondent. The data analysis techniques of this research is done by simple linear regression analysis with normality test. The result of this research based on data analysis showed that jingle in advertising has a significant positive effect toward brand awareness through periferal route. So, it can be conclude that jingle as a the attractiveness of advertising can increase the brand awareness of Beng-Beng’s product.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/537/051905368
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model, Jingle, Brand Awareness,
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2020 15:14
Last Modified: 17 Sep 2024 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171077
[thumbnail of Maria Rosalia.pdf] Text
Maria Rosalia.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item