Studi Efektifitas Fitoremediasi Tanaman Bambu Air dan Zeolit Guna Mereduksi Logam Timbal (Pb) dan Seng (Zn)

Maulidya, Aisah (2019) Studi Efektifitas Fitoremediasi Tanaman Bambu Air dan Zeolit Guna Mereduksi Logam Timbal (Pb) dan Seng (Zn). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan pengelolaan dan pengolahan air limbah yang tidak memenuhi syarat baku mutu limbah cair tidak hanya dialami oleh masyarakat umum saja, akan tetapi juga dialami oleh masyarakat industri. Masalah air limbah yang kurang memenuhi syarat tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kualitas lingkungan, khususnya lingkungan perairan. Unsur logam yang terkandung dalam limbah cair tersebut bisa berupa Timbal (Pb), Seng (Zn), dan masih banyak lagi. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kombinasi antara metode fitoremediasi dan metode saringan pasir lambat. Tanaman yang digunakan sebagai media fitoremediasi adalah Bambu Air. Pada metode saringan pasir lambat, media yang digunakan adalah zeolit alam dengan diameter butiran berkisar 1-2 mm. Rancangan percobaan ini terdiri dari 2 bak. Dimana Jumlah tanaman menjadi variabel, yaitu pada bak A jumlah tanaman adalah 60 batang dan pada bak B jumlah tanaman adalah 100 batang. Parameter uji pada penelitian adalah suhu, pH, Timbal dan Seng. Air limbah yang digunakan menggunakan limbah buatan dengan kadar Pb dan Zn. Air limbah yang telah dibuat ditampung dalam tandon yang selanjutnya dialirkan pada setiap bak. Pengambilan sampel dilakukan pada hari ke 0, 7, 14 dan 21 dan langsung dianalisa sesuai parameter yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model rancangan percobaan menggunakan air limbah sintetis dengan tanaman Bambu Air dan Zeolit Alam memiliki hasil yang berbeda di setiap baknya. Pada bak A prosentase penurunan kadar Zn terbesar adalah 46,429% dan pada bak B adalah 90,476%. Sedangkan pH yang dihasilkan bak A dan bak B sudah sesuai standar baku mutu air. Dapat disimpulkan bahwa rancangan percobaan pada bak B dengan jumlah tanaman 100 batang lebih efektif bila dibandingkan bak A dengan jumlah tanaman 60 batang.

English Abstract

The problem of managing and treating wastewater that does not fulfil the requirements of wastewater quality standard not only experienced by the geberal public, but also for industrial society. The problem of wastewater that less qualified would have a major affect to the environment quality, especially the aquatic environment. The metal elements contained in the liquid waste can be lead (Pb), zinc ( Zn ) , and still many more. This study is using a method that obtained from combination of Phytoremediation and Slow Sand Filter method. The plant that used for phytoremediation is “Water Bamboo” and the media for doing slow sand filter method is natural zeolite, with 1 to 2 mm diameter. There are 2 experimental designs. The quantity of plants as variables, that is in Ist design (A) is using 60 stems water bamboo and in 2nd design is using 100 stems water bamboo. Test parameter of this experiments are temperature, degree of pH, and concentration of both lead metal (Pb) and zinc (Zn). The wastewater is using artificial wastewater that contain Pb and Zn metal. Wastewater that has been made and be held in reservoir of wich later distributed on each a tub. The sampling of this research will be taken in 0, 7, 14, and 21 days and then be directly analyzed. The result of this study indicate that the design model use synthetic experiment with wastewater of water bamboo and the zeolites nature having different results in each experimental design model using artificial wastewater with water bamboo in each design. Ist design (A) has highest decresing precentage of zinc (Zn) concentration, 46,429% and in 2nd design (B) has highest decresing precentage of zinc (Zn) concentration, 90,476%. Furthemore, the degre of pH in each experiment indicates apprpriate result to standart. It can be concluded that the most effective was trial design with quantity 100 stems water bamboo.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/115/051904595
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Saringan Pasir Lambat, Zeolit Alam, Bambu Air, Phytoremediation, Slow Sand Filter, Natural Zeolite, Water Bamboo.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.4 Waste technology, public toilets, street cleaning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:09
Last Modified: 06 Jan 2022 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170846
[thumbnail of Aisah Maulidya (2).pdf]
Preview
Text
Aisah Maulidya (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item