Sebaran Terumbu Karang Dan Kesesuaian Ekowisata Bahari Di Perairan Pulau Mandangin Sampang

Maulana, Yudha Prawira (2019) Sebaran Terumbu Karang Dan Kesesuaian Ekowisata Bahari Di Perairan Pulau Mandangin Sampang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Destinasi wisata di Pulau Madura mengalami peningkatan terutama untuk wisata bahari. Kabupaten Sumenep telah memanfaatkan Pulau Gili Labak untuk dikembangkan wisata bahari. Pulau Mandangin merupakan satu-satunya pulau yang dimiliki oleh Kabupaten Sampang. Potensi yang dimiliki Pulau Mandangin berupa wisata pantai dan keberadaan terumbu karang. Keberadaan Pulau Mandangin bisa dijadikan sebagai destinasi wisata lain di Madura, sehingga perlu adanya penelitian tentang kelayakan Pulau Mandangin untuk dimanfaatkan sebagai daerah wisata. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perubahan luasan terumbu karang berdasarkan citra satelit Landsat-8 pada tahun 2013 – 2017 dan persentase tutupan terumbu karang, serta kesesuaian habitat ekosistem terumbu karang untuk ekowisata bahari. Penelitian ini menggunakan metode penginderaan jauh dan survei. Observasi terumbu karang menggunakan metode Line Intercept Transect (LIT) dan analisis kesesuaian untuk wisata menggunakan matriks kesesuaian. Berdasarkan interpretasi data hasil citra satelit, menunjukkan bahwa luasan karang hidup pada tahun 2015 mengalami kenaikan yang signifikan dan pada tahun 2017 mengalami penurunan, sehingga dari 2013 sampai 2017 luasan terumbu karang mengalami kenaikan. Hasil observasi data lapang menunjukkan bahwa tutupan terumbu karang pada Perairan Pulau Mandangin nilai yang sangat rendah dibawah 25%, sehingga dikategorikan rusak (buruk). Hasil Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) untuk ekowisata pantai mendapatkan nilai rata-rata sebesar 90.625% sehingga termasuk dalam kategori S1 (sesuai). Untuk kategori ekowisata snorkeling mendapatkan nilai rata-rata sebesar 35.09% sehingga termasuk dalam kategori N (tidak sesuai), sedangkan ekowisata diving mendapatkan nilai rata-rata sebesar 32.87% sehingga termasuk dalam kategori N (tidak sesuai)

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/719/051904450
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 578 Natural history of organism and related subjects > 578.7 Organisms characteristic of specific kinds of environments > 578.778 9 Coral reefs
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:48
Last Modified: 25 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170801
[thumbnail of Yudha Prawira Maulana.pdf]
Preview
Text
Yudha Prawira Maulana.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item