Analisis Sifat Fisika Kimia dan Organoleptik pada Mi Instan dengan Fortifikasi Spirulina platensis pada Konsentrasi yang Berbeda.

Sugiharti, Diah Ayu (2019) Analisis Sifat Fisika Kimia dan Organoleptik pada Mi Instan dengan Fortifikasi Spirulina platensis pada Konsentrasi yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Spirulina platensis merupakan salah satu jenis alga yang digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan karena diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi. Salah satu bentuk olahan makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat yaitu mi instan. Mi instan adalah produk mi kering yang siap dihidangkan setelah dimasak atau diseduh dengan air mendidih. Mi sebagai bahan alternatif pengganti beras, yang dibuat dari tepung terigu yang memiliki senyawa gluten. Gluten pada mi menjadikan tekstur yang kenyal dan tidak mudah putus, namun memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satu upaya diversifikasi pangan yaitu mi instan yang terbuat dari bahan baku bervariasi. Penambahan Spirulina, tepung Eucheuma spinosum dan tepung ikan patin (Pangasius pangasius) dapat menambah cita rasa dan nilai gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mi instan fortifikasi Spirulina platensis dengan konsentrasi yang berbeda terhadap sifat fisik kimia dan organoleptik serta untuk mendapatkan konsentrasi spirulina platensis terbaik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2019 di Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ikan dan Laboratorium Penanganan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan; Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan, Fakultas Teknologi, Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen, Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan menggunakan 7 sublevel sublevel dengan 4 kali ulangan. Variabel bebas yaitu variasi konsentrasi Spirulina platensis 0%, 4%, 4,5%, 5%, 5,5%, 6% dan 6,5% yang ditambahkan pada mi instan. Sedangkan variabel terikat meliputi cooking loss, elongasi, tekstur, analisa kimia yang meliputi kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu, kadar karbohidrat, serat pangan dan uji organoleptik yang meliputi kenampakan, warna, aroma, tekstur dan rasa. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dengan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh sublevel terhadap karakteristik fisika dan kimia mi instan fortifikasi Spirulina platensis. Kriteria penerimaan atau penolakan hipotesis statistik dapat dilihat dari nilai p (probabilitas). Jika nilai P<0,05 maka sublevel yang dilakukan berpengaruh nyata dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan namun jika P>0,05 maka sublevel yang dilakukan tidak berpengaruh secara nyata, dimana tingkat kepercayaannya 95% dan tingkat kesalahannya 5%. Analisa parameter organoleptik menggunakan Kruskal-Wallis. Penentuan sublevel terbaik menggunakan metode de Garmo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/376/051903996
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.07 Tests, analyses, quality controls
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jul 2020 11:36
Last Modified: 16 Aug 2020 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170691
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item