Analisis Positioning E-Commerce C2C Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Dan OLX Sebagai Media Pemasaran Agribisnis Perikanan

Sutrisna, Yulinda (2019) Analisis Positioning E-Commerce C2C Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Dan OLX Sebagai Media Pemasaran Agribisnis Perikanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, perkembangan internet di Indonesia sangatlah pesat. Berbagai informasi dapat langsung kita ketahui melalui internet. Internet menjadi tren dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Adanya teknologi Internet memudahkan segala kegiatan masyarakat khususnya dalam dunia perikanan. Produksi perikanan Indonesia tiap tahunnya selalu bertambah. Namun, dalam hal pngolahannya kurang, begitu pula dengan pemasaran produk perikanan masih kebanyak secara langsung dikarena dari sifat istimewa ikan yaitu perishable food yang menjadi tantangan untuk produsen lebih kreatif dan inovatif lagi soal bagaimana pengolahan ikan. Dengan perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia tersebar berbagai jenis marketplace. Marketplace di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya adalah e-commerce C2C yang sedang maraknya di Indonesia. E-commerce C2C merupakan media dalam memasarkan produk dari konsumen ke konsumen lainnya. E-commerce memudahkan segala pekerjaan manusia ketika sibuk disela-sela waktu, berbelanja melalui aplikasi dan langsung bayar dalam bentuk mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penggunna keempat e-commerce C2C (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Olx), penilaian konsumen, penetapan segementation, targeting, dan positioning keempat e-commerce C2C, positioning e-commerce C2C sebagai media pemasar agribisnis perikanan. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan Maret – April 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online. Penyebaran kuesioner melalui Instagram, Whatsapps, Line, SMS, dan E-mail. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian survei dengan pendekatannya yaitu dekskriptif-kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian survei menggunakan kuisioner online sebagai alat pengumpulan data yang pokok dalam melengkapi data yang dibutuhkan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari responden maupun pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini melalui wawancara langsung atau via chat dengan menggunakan kuisioner yang telah dipersiapkan. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mencatat dan mengumpulkan laporan atau data dari instansi terkait. Populasi penelitian ini diambil dari pengguna e-commerce di Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap orang. Adapun tekhnik penggambilan yang digunakan yaitu accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Sampel yang dibutuhkan adalah sebanyak 143 responden. Adapun teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap website, menyebarkan kuesioner online, dokumentasi, dan wawancara. Data primer dan data sekunder yang telah diperoleh peneliti kemudian dianalisis menggunakan analisis K-means cluster dan analisis korespondensi untuk mengetahui STP (segmentation, targetting, positioning), bauran pemasaran sehingga mengetahui strategi yang tepat dalam memasarkan produk perikanan. Hasil penelitian penilaian konsumen menunjukkan bahwa mayoritas konsumen pengguna e-commerce C2C untuk membeli produk perikanan berjenis kelamin perempuan muda berumur 21-30 tahun, belum menikah, dan vii berpendidikan terakhir atau sedang ditempuh adalah Sarjana (S1, S2, S3) yang bekerja sebagai pegawai swasta dengan penghasilan atau pemasukan dan pengeluaran per bulan <Rp 5.000.000. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa konsumen dominan menggunakan e-commerce C2C untuk membeli produk agribisnis perikanan. Atribut yang memiliki ciri khas yang tidak kuat dan tidak lemah atau disebut improve adalah memiliki produk yang bervariasi banyaknya pilihan produk perikanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kemasan menarik yang dapat meningkatkan minat konsumen, kualitas produk perikanan terjamin, pengemasan yang rapi sehingga tetap menjaga kualitas dari produk perikanan, harga sesuai dengan kualitas, terdapat jasa pengiriman yang pas dan beragam, terdapat diskon, dan layanan informasi yang cepat tanggap.Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce Bukalapak, Tokopedia dipersepsikan dimata konsumen tidak lemah dan tidak kuat atau disebut improve dan OLX diposisi overkill yang artinya memiliki banyak cirikhas namun tidak berkenan dihati konsumen, sedangkan Shoppe dinilai lemah atau underestimate untuk dijadikan media pemasar produk perikanan. Dari perumusan strategi pemasaran keempat e-commerce yang telah dirumuskan dan manjemen pemasaran yang telat diketahui pada profil masing-masing e-commerce C2C disarankan e-commerce C2C yang paling cocok dalam pemasaran produk agribisnis perikanan adalah Tokopedia. Tokopedia menjadi e-commerce C2C yang sangat direkomendasikan untuk pemasaran produk agribisnis perikanan karena letaknya di kuadran I yang memiliki ciri khas yang penting dalam pemasaran produk agribisnis perikanan yaitu terdapat jasa pengiriman yang pas, kualitas produk perikanan yang terjamin, dan pengemasan yang rapi, selain itu ada beberapa fitur yang mendukung seperti memiliki fitur lacak status pengiriman dan adanya halaman review terhadap kualits produk dan tingkat pelayanan toko. Terdapat fitur gold merchant, repeat order untuk menjalin hubungan dengan konsumen, dan fitur diskusi. Kedua adalah Bukalapak dan ketiga OLX.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/476/051904054
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:40
Last Modified: 24 Aug 2020 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170679
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item