Saputri, Arum Galuh (2019) Pengaruh Aplikasi Instagram @amazingmalang terhadap Tindakan Pengambilan Keputusan Wisatawan Dalam Menentukan Destinasi Wisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi internet yang semakin maju memunculkan berbagai platform media sosial seperti Instagram. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri dengan hadirnya platform media sosial tersebut semakin dibutuhkan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk berbisnis maupun berbagi informasi. Instagram memiliki pengaruh besar dalam pariwisata. Selain itu pariwisata sekarang ini juga membutuhkan platform media sosial untuk membantu menyebarkan informasi mengenai pariwisata. @amazingmalang merupakan salah satu akun Instagram yang memberikan informasi mengenai pariwisata. Melalui foto, video dan konten-konten yang menarik dapat menarik perhatian pengguna Instagram untuk melihat akun @amazingmalang dan mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Berkat adanya perkembangan platform media sosial para wisatawan memiliki kesempatan yang besar dan mudah dalam mengakses platform instagram untuk mencari informasi mengenai pariwisata dan peluang pembelian atau pengambilan keputusan dengan bantuan perantara antara wisatawan dengan @amazingmalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh aplikasi Instagram @amazingmalang terhadap tidakan pengambilan keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan konsep Web 2.0 dan teori perencanaan perilaku konsumen. Metode yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Teknik penentuan teman bicara menggunakan purposive sampling. Dalam proses pengumpulan data melalui observasi-paritisipasi, wawancara, dan catatan lapang. Peneliti melakukan wawancara online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisatawan atau konsumen ketika akan melaukan kegiatan berwisata termotivasi karena adanya faktor pendorong dan penarik. Faktor penarik yang berasal dari akun @amazingmalang yang telah menyediakan informasi mengenai tempat pariwisata dan faktor pendorong berasal dari dalam diri atau hasrat individu. Faktor penarik dan pendorong tersebut dapat memunculkan sebuah niat dan kontrol perilaku individu untuk melakukan sebuah tindakan. Dengan adanya faktor penarik, faktor pendorong, niat, dan kontrol perilaku tersebut dapat mempengaruhi wisatawan atau konsumen dalam pengambilan keputusan ketika akan menentukan destinasi wisata.
English Abstract
The development of increasingly advanced internet technology has led to various social media platforms such as Instagram. It is undeniable that the presence of the social media platform is increasingly needed by every individual in everyday life, such as business and information sharing. Instagram has a big influence on tourism. Besides that tourism now also needs a social media platform to help disseminate information about tourism. @amazingmalang is an Instagram account that provides information about tourism. Through photos, videos and interesting content can attract the attention of Instagram users to see the @amazingmalang account and visit the tourist attractions. Thanks to the development of social media platforms, tourists have a great and easy opportunity to access the Instagram platform to find information about tourism and opportunities for buying or making decisions with the help of intermediaries between tourists and @amazingmalang. This study aims to find out and analyze the influence of the Instagram application @amazingmalang on the act of making tourist decisions in determining tourist destinations. This study uses Web 2.0 concepts and consumer behavior planning theory. The method used is descriptive qualitative. The interlocutor determination technique uses purposive sampling. In the process of collecting data through observation, participation, interviews, and field notes. The researcher conducted interviews online and offline. The results of this study indicate that tourists or consumers when going through travel activities are motivated because of the driving and pulling factors. Attractive factors originating from the @amazingmalang account that has provided information about the place of tourism and the driving factors come from within themselves or individual desires. These pulling factors and drivers can bring up an intention and control the behavior of individuals to carry out an action. With the presence of towing factors, driving factors, intentions, and behavioral controls can affect tourists or consumers in making decisions when deciding on a tourist destination.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/456/051904144 |
Uncontrolled Keywords: | pariwisata, perencanaan perilaku wisatawan, teknologi internet, media sosial, pengambilan keputusan. tourism, tourist behavior planning, internet technology, social media, decision making. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 06:19 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 06:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |